Covid Varian Delta Menyebar Cepat ke 104 Negara, WHO Ibaratkan seperti Kebakaran Hutan

inewsid | Global | Published at 13/07/2021 13:28
Covid Varian Delta Menyebar Cepat ke 104 Negara, WHO Ibaratkan seperti Kebakaran Hutan

JENEWA, iNews.id - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kembali mengingatkan dunia akan ancaman nyata Covid-19 varian Delta. Disebutkan Delta merupakan wabah yang saat ini menghancurkan.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, Covid varian Delta menular dengan dengan sangat cepat yang menyengat.

"Pekan lalu menandai minggu keempat berturut-turut peningkatan kasus Covid-19 secara global setelah menurun selama 10 pekan," kata Tedros, dikutip dari Xinhua, Selasa (13/7/2021).

Menurut Tedros, penyebaran varian Delta juga tergolong luas biasa. Sejak pertama kali terdeteksi di India pada Oktober 2020, kini sudah menyebar ke 104 negara.

Dia menyangkangkan dengan keputusan para pemimpin dunia yang merespons lonjakan kasus infeksi dengan cara sangat berbeda. Saat banyak negara Asia menerapkan pembatasan baru, sementara yang lain melonggarkan seiring dengan vaksinasi.

Inggris termasuk salah satu negara yang akan mencabut pembatasan mulai 19 Juli mendatang, menyusul Amerika Serikat. Namun Prancis dan Belanda kembali menerapkan pembatasan.

Tedros memperingatkan pelonggaran bukan pilihan yang tepat, di saat banyak negara di dunia masih kekurangan vaksin Covid. Selama masih ada kasus Covid di muka Bumi, tak ada tempat yang aman.

Strategi kolektif saat ini mengingatkan saya pada tim pemadam kebakaran yang menangani kebakaran hutan. Menyiram sebagian wilayah mungkin mengurangi api di satu area, sementara itu membara di tempat lain. Percikan api pada akhirnya akan merambat dan tumbuh lagi menjadi tungku yang bergulir," ujarnya.

Tedros kembali mengulangi seruan kepada seluruh dunia mengenai pemerataan vaksin.

"Dunia harus berjuang bersama untuk memadamkan api pandemi ini di mana-mana," ujarnya.

Artikel Asli