Marah India Rayakan Ulang Tahun Dalai Lama, China Masuk Ke Ladakh

rmol.id | Global | Published at 13/07/2021 09:23
Marah India Rayakan Ulang Tahun Dalai Lama, China Masuk Ke Ladakh

RMOL.Perayaan ulang tahun Dalai Lama telah memantik kemarahan China. Informasi yang beredar menyebut tentara China memasuki wilayah India di perbatasan sebagai bentuk penolakan atas perayaan pemimpin agama Tibet itu.

Sumber di Kementerian Dalam Negeri India pada Senin (12/7) mengungkap, tentara dan warga sipil China memasuki wilayah Demchuk, India di sektor Ladakh pada 6 Juli.

Sebelumnya, penduduk setempat telah melaporkan tentara China dan beberapa warga sipilnya telah muncul di sisi lain Sungai Sindhu sembari membawa spanduk dan bendera China sebegai protes karena desa India di perbatasan merayakan ulang tahun Dalai Lama.

Personel Angkatan Darat dan warga sipil China diperkirakan mendekati pusat desa dengan lima kendaraan, seperti dimuat dalam laporan Sputnik.

Wilayah Persatuan Ladakh di India berbatasan dengan Daerah Otonomi Tibet di sebelah timur. Ini adalah salah satu wilayah Buddhis paling kuno dengan ikatan bersejarah dengan Tibet.

Hampir 40 persen penduduk di Ladakh menganut agama Buddha dan Dalai Lama dihormati sebagai pemimpin agama. Ulang tahunnya dirayakan dengan meriah.

Pekan lalu, Perdana Menteri India Narendra Modi mengungkap telah berbicara dengan Dalai Lama pada hari ulang tahunnya yang ke-86. Ini adalah pertama kalinya PM Modi secara terbuka mengonfirmasi berbicara dengan Dalai Lama sejak ia mengambil alih sebagai perdana menteri pada tahun 2014.

Langkah Modi itu menunjukkan perubahan nyata dalam kebijakan India, dan dipandang sebagai pesan kuat yang disampaikan ke Beijing. []

Artikel Asli