Finlandia Tunda Deportasi Imigran Afghanistan

republika | Global | Published at 13/07/2021 07:33
Finlandia Tunda Deportasi Imigran Afghanistan

REPUBLIKA.CO.ID,HELSINKI -- Kepala Badan Imigrasi Finlandia Jaakko Purontie mengatakan negaranya menunda deportasi imigran Afghanistan. Sebab, ada potensi gangguan pada stabilitas Afghanistan usai pasukan Amerika Serikat (AS) dan asing lainnya ditarik mundur dari negara Timur Tengah itu.

Ia menambahkan Finlandia tidak menetapkan sampai kapan deportasi ke Afghanistan ditunda. "Untuk waktunya, kami tidak membuat keputusan yang mengarah pada deportasi ke Afghanistan," kata Purontie, Senin (12/7).

Purontie mengatakan menurut badan imigrasi Finlandia situasi di Afghanistan tidak stabil dan jelas. "Kami tidak bisa mengungkapkan situasi satu orang pulang ke wilayah tertentu,"ujarnya.

AS menarik hampir semua pasukannya dari Afghanistan usai perang di negara itu selama dua puluh tahun. Kelompok pemberontak Taliban pun berhasil merebut banyak wilayah yang sebelumnya dikuasai pemerintah Afghanistan.

Purontie mengatakan perubahan kebijakan hanya berdampak pada orang-orang yang dideportasi kembali ke Afghanistan. Menurut data badan imigrasi Finlandia, anggota Uni Eropa itu menerima 70 persen imigran Afghanistan yang mengajukan izin tinggal, suaka, dan kewarganegaraan.

Artikel Asli