Minta Warga Haiti Bersatu Setelah Pembunuhan Jovenel Moise, Joe Biden Siap Beri Bantuan

rmol.id | Global | Published at 13/07/2021 06:45
Minta Warga Haiti Bersatu Setelah Pembunuhan Jovenel Moise, Joe Biden Siap Beri Bantuan

RMOL.Presiden AS Joe Biden angkat bicara soal situasi terkini yang terjadi di Haiti usai peristiwa pembunuhan keji Presiden Jovenel Moise yang terjadi pada pekan lalu.

Dalam pernyataannya pada Senin (12/7), Biden meminta warga Haiti untuk bersatu dan menyatakan kesiapan AS untuk memberikan bantuan kepada negara itu.

"Para pemimpin politik perlu bersatu dan AS siap memberikan bantuan," kata Biden kepada wartawan, seperti dilaporkan AFP, Selasa (13/7).

Sekretaris Pers Gedung Putih, Jen Psaki, mengatakan kepada wartawan bahwa delegasi penegak hukum AS dan pejabat keamanan nasional yang mengunjungi Haiti pada hari Minggu (11/7) mencatat ketidakstabilan negara itu setelah pembunuhan Moise.

Dia juga mengatakan bahwa pihaknya masih menganalisis permintaan bantuan pasukan AS oleh Haiti.

Ditanya apakah Gedung Putih telah mengesampingkan pengiriman pasukan, dia berkata "tidak."

Sejauh ini telah ada 17 tersangka yang telah ditangkap dalam peristiwa pembunuhan Moise. Tapi motifnya sendiri hingga kini masih menjadi misteri, dan pertanyaan masih berputar-putar tentang siapa yang mungkin mendalangi pembunuhan itu.

Keterangan sementara yang disampaikan pihak berwenang Haiti adalah pembunuhan dilakukan sebuah regu pembunuh beranggotakan 28 pria, yang 26 di antaranya warga Kolombia serta dua warga negara AS. []

Artikel Asli