Kisah Perusahaan Raksasa: Itau Unibanco, Konglomerat Perbankan dari Amerika Latin

Global | wartaekonomi | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 12:30
Kisah Perusahaan Raksasa: Itau Unibanco, Konglomerat Perbankan dari Amerika Latin

Banco Itau Unibanco Holdings SA adalah perusahaan perbankan dan layanan keuangan asal Brasil yang bermarkas pusat di Sao Paulo. Korporasi ini adalah salah satu institusi perbankan terbesar di Amerika Latin, sehingga namanya masuk jajaran perusahaan raksasa oleh Fortune Global 500.

Itau menempati peringkat ke-216 berdasarkan catatan Fortune tahun 2020. Pendapatannya di tahun ini mencapai 51,72 miliar dolar AS. Namun sayang, ini turun sekitar 5,4 persen dari 2019 yang memperoleh 54,66 miliar dolar AS.

Hal tersebut juga membawa Itau turun dari peringkat nomor 191 ke 216. Meski begitu, keuntungan perusahaan tercatat tidak menyusut. Itu bahkan mengalami kenaikan meskipun sedikit sebesar 0,9, dengan total laba yang didapat 6,87 miliar dolar AS.

Itau bernilai sekitar 48,77 miliar dolar AS. Dengan total ekuitas sahamnya mencapai 34,04 miliar dolar AS. Yang terakhir, aset bank raksasa asal Brasil ini tercatat sekitar 407,13 miliar dolar AS.

Lebih lanjut, berikut kisah perusahaan raksasa Itau Unibanco oleh Warta Ekonomi , Rabu (7/7/2021). Untuk lebih jelasnya simak artikel berikut di bawah ini.

Itau Unibanco dibentuk atas penggabungan dua institusi keuangan raksasa. Sejarahnya bisa mengakar hingga 95 tahun ke belakang. Banco Central de Credito didirikan tahun 1945. Antara 1964 dan 1969, dua perusahaan membentuk satu entitas baru bernama Banco da America.

Banco Itau mengambil langkah ke depan untuk menghadapi globalisasi dengan membuka kantor cabang luar negeri pertamanya di New York dan Buenos Aires. Sementara itu di tahun 1960 juga, Nama Banco da America berubah menjadi Unibanco.

Memasuki dekade 1970-an, Itau mengonsolidasikan dasar-dasar perbankan elektronik, dengan menaruh beberapa investasi untuk teknologi mereka. Di sisi lain, Unibanco menjadi sebuah bank independen dengan bisnis yang beragam, meliputi Leasing, Invesment Brokerage, Securities Distributor.

Di luar negeri, Itau bekerja sama dengan Bankers Trust of New York. Di dekade 1980-an itu juga, mereka mengakuisisi Bamerindus Luxembourg, yang juga merupakan sebuah bank. Di lain sisi, Unibanco mengambil alih sebuah bank besar bernama Banco Nacional.

Memasuki milenium baru, perubahan dan perkembangan kedua bank itu terus berlanjut. Itau kembali menunjukkan beberapa pengambil alihan perusahaan, seperti Bank of America dan Bank Boston di Brasil. Di periode yang sama, Unibanco menjadi bank Amerika Latin pertama yang mendapat penilaian oleh Moodys pada isu utang kertas.

Langkah besar itu membawa mereka pada pijakan yang jauh lebih besar. Pada tanggal 4 November 2008, Itau dan Unibanco mengumumkan merger yang menghasilkan Banco Itau Unibanco. Lembaga ini lahir dengan aset R$ 575 miliar, ekuitas bersih sekitar R$ 51,7 miliar dan portofolio kredit gabungan sebesar R$ 225,3 miliar.

Bank baru itu kemudian memiliki 4.800 cabang dan cabang layanan, mewakili 18% dari jaringan perbankan negara, dan 14,5 juta pemegang rekening (18% dari pasar). Dalam hal volume kredit, ini mewakili 19% dari sistem Brasil dan dalam total simpanan, dana dan portofolio yang dikelola, 21% pada tahun 2008.

Di pasar asuransi dan program pensiun, grup baru memiliki pangsa masing-masing 17% dan 24%. . Operasi grosir (perusahaan) berjumlah lebih dari R$ 65 miliar, melayani lebih dari 2.000 kelompok ekonomi di Brasil. Bisnis perbankan swasta (manajemen kekayaan) telah menjadi yang terbesar di Amerika Latin, dengan aset yang dikelola sekitar R$ 90 miliar.

Pada tanggal 22 Agustus 2009, Banco Ita Unibanco dan perusahaan asuransi Porto Seguro mengungkapkan bahwa mereka telah menandatangani aliansi.

Aliansi ini bertujuan untuk menggabungkan operasi asuransi perumahan dan mobil mereka dan mencakup Perjanjian Pengoperasian di mana aliansi akan memiliki akses eksklusif untuk menawarkan dan mendistribusikan produk asuransi pemilik rumah dan kendaraan kepada klien jaringan cabang Banco Ita Unibanco di Brasil dan Uruguay.

Ita Unibanco beroperasi di Argentina, Brasil, Chili, Kolombia, Panama, Paraguay, Amerika Serikat, dan Uruguay di Amerika, serta di Luksemburg, Portugal, Swiss, dan Inggris Raya di Eropa; China, Hong Kong, Jepang dan Uni Emirat Arab di Asia. Ini memiliki lebih dari 33.000 titik layanan secara global, di mana 3.527 cabang berada di Brasil, dan sekitar 28.000 ATM dan 55 juta pelanggan secara global.

Ita, konglomerat besar Brasil yang berada di antara 500 perusahaan teratas majalah Fortune di dunia, bertindak sebagai perusahaan induknya. Di luar Brasil, Ita Unibanco memiliki kantor di Asuncion, Buenos Aires, Kepulauan Cayman, Dubai, Hong Kong, Lisbon, London, Luksemburg, Montevideo, Nassau, Kota New York, Miami, Santiago, Shanghai, Tokyo, dan Zurich.

Artikel Asli