Cegah Meluasnya Varian Delta, Lockdown di Sydney Diperpanjang hingga 16 Juli 2021

Global | limapagi.id | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 11:50
Cegah Meluasnya Varian Delta,  Lockdown di Sydney Diperpanjang hingga 16 Juli 2021

LIMAPAGI - Pemerintah negara bagian New South Wales (NSW), Australia melaporkan bakal memperpanjang masa lockdown untuk Kota Sydney hingga 16 Juli 2021 mendatang.

Opsi ini diambil untuk menahan laju penularan Covid-19, khususnya varian Delta yang tingkat penularannya masih tinggi di kota terbesar di Australia itu.

Reuters melaporkan, masa lockdown sudah berlangsung sejak 26 Juni di Sydney dan periode pertama akan berakhir pada Jumat, 8 Juli 2021.

Kebijakan lockdown ditempuh, menyusul tren penularan corona di kota yang menampung seperlima dari 25 juta penduduk Australia itu terus naik belakangan waktu. Pemerintah setempat mencatat total kasus tembus lebih dari 330, sejak kasus pertama terdeteksi tiga pekan lalu.

Pemerintah NSW menekankan kepada warga untuk mentaati protokol kesehatan, seperti memakai masker di dalam ruangan dan di transportasi umum. Aktivitas di luar rumah pun dibatasi, sekolah ditutup dan dialihkan melalui sistem pembelajaran daring.

Para pejabat menuturkan kebijakan lockdown efektif, karena pembatasan ketat berdampak pada penurunan kasus yang dari ratusan menjadi puluhan. Keefektifan ditunjang, mulai dari upaya intervensi medis berupa 3 T (tracing, testing dan treatment) hingga tingkat kepatuhan masyarakat yang tinggi terhadap aturan jarak sosial.

Namun, dengan merebaknya varian Delta, pemerintah belum bisa menjamin apakah intervensi medis berupa vaksinasi dan kebijakan lockdown ini bisa menurunkan penularan akibat mutasi Covid-19 dari India itu.

Menukil data Pemerintah NSW, terdapat 27 kasus baru Covid-19 secara transmisi lokal. Jumlah itu naik dari 18 hari sebelumnya. Sehingga, menjadikan total kasus aktif menjadi lebih dari 347 kasus. Adapun secara akumulatif mencapai 5,836 kasus.

Dari data yang sama, tercatat sedikitnya ada 16 lokasi yang diduga sepanjang ini menjadi tempat penularan. Salah satunya, di Lyye Cafe, 2/154 di Glenayr Avenue, Bondi.

Artikel Asli