Di Tengah Menghangatnya Perbatasan India, Xi Jinping Rombak Komandan Militernya

Global | wartaekonomi | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 11:33
Di Tengah Menghangatnya Perbatasan India, Xi Jinping Rombak Komandan Militernya

Presiden China Xi Jinping telah menggantikan kepala Komando Teater Barat militer yang berbatasan dengan India. Dia kemudian menunjuk seorang Jenderal baru untuk memimpin komando militer terbesar.

Xi, dilansir The Hindu , Senin (6/7/2021), mengangkat empat perwira militer senior, termasuk seorang yang berada di pusat ketegangan perbatasan dengan India sebagai kepala Angkatan Darat atau Angkatan Darat Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) di perbatasan Komando Teater Barat, ke posisi tertinggi pangkat Jenderal.

Xi, yang juga mengepalai Komisi Militer Pusat (CMC), menyerahkan sertifikat perintah tersebut kepada mereka pada upacara yang diadakan oleh CMC pada hari Senin, kantor berita resmi Xinhua melaporkan.

Para perwira yang dipromosikan bernama Xu Qiling, Komandan Komando Teater Barat PLA, Wang Xiubin, Komandan Komando Teater Selatan, Liu Zhenli, Komandan Tentara PLA, dan Ju Qiansheng, Komandan Pasukan Dukungan Strategis PLA.

Jenderal Xu menjadi salah satu Jenderal termuda PLA, pangkat tertinggi untuk perwira aktif. Pengumuman itu menunjukkan Jenderal Xu telah menggantikan Jenderal Zhang Xudong sebagai Komandan Teater Barat. Jenderal Zhang baru diangkat sebagai Komandan pada Desember 2020, dan pengamat mengatakan masa jabatannya yang berakhir dalam waktu tujuh bulan akan sangat tidak biasa seperti praktik sebelumnya.

Pada Selasa, tidak ada pernyataan resmi tentang mengapa Jenderal Zhang telah diganti dan di mana dia ditempatkan. Meski demikian biografinya di Baidu, yang setara dengan Google China, pada hari Selasa diperbarui untuk menggambarkan dia sebagai "mantan" Komandan Teater Barat.

Pemikiran saat ini di antara perencana militer India adalah bahwa mobilisasi massa April oleh PLA dan beberapa pelanggaran LAC berikutnya, yang terjadi setelah latihan musim panas tahunan, kemungkinan direncanakan di tingkat Komando Teater Barat, dan bahwa tingkat yang lebih tinggi, seperti Pusat Komisi Militer yang dipimpin oleh Xi, kemungkinan besar hanya terlibat setelah bentrokan 15 Juni di Lembah Galwan.

Pada bulan Desember 2020, tujuh bulan dalam ketegangan, Jenderal Zhang mengambil alih sebagai Komandan seluruh Komando Teater Barat yang mengawasi semua pasukannya, menggantikan Jenderal Zhao Zongqi, Komandan lama, yang pensiun pada usia 65 tahun. Pada bulan Maret, Jenderal Zhao diberi penghargaan. dengan penunjukan pasca-pensiun sebagai Wakil Ketua Kongres Rakyat Nasional (NPC) atau komite parlemen untuk urusan luar negeri, sebuah badan penasihat utama.

Jenderal Xu (59) sekarang menjadi kepala Komando ketiga sejak ketegangan dimulai. Dia diangkat di bawah Jenderal Zhang, sebagai Komandan Pasukan Darat atau Angkatan Darat Teater Barat, pada 1 Juni 2020, sekitar sebulan setelah ketegangan dan sebelum bentrokan Lembah Galwan pada 15 Juni 2020.

Artikel Asli