Kisah Wanita Asal Surabaya yang Hidup di Kapal, Bersihkan Pantai Norwegia dari Plastik

Global | okezone | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 11:02
Kisah Wanita Asal Surabaya yang Hidup di Kapal, Bersihkan Pantai Norwegia dari Plastik

NORWEGIA - Selama 2,5 tahun terakhir, perempuan asal Surabaya , Ika Permatasari-Olsen, hidup di sebuah kapal yacht. Hari-harinya tidak hanya dihabiskan untuk mengarungi samudera, tapi juga bekerja jarak jauh dan membersihkan plastik dari pantai-pantai Norwegia .

Di masa pandemi ini, banyak orang sekolah dan bekerja dari rumah. Tapi Ika Permatasari-Olsen bisa jadi lain sendiri. Perempuan 30 tahun ini bekerja dan berkegiatan dari sebuah kapal yacht. Menyenangkan dan asyik, kata perempuan yang akrab disapa Ika itu.

Hidup nomaden di atas kapal dijalaninya sejak 2018 bersama suami Oyvind Olsen, seorang warga Norwegia. Ika, yang ketika itu masih bekerja kantoran dalam bidang IT di Surabaya, tadinya enggan meninggalkan kehidupannya di darat. Oyvind, yang sudah lebih berpengalaman, berusaha meyakinkannya untuk mencoba.

Pak Olsen sudah lama tinggal di yacht dan dia sudah keliling-keliling, terus dia bilang kenapa kita ngga liburan ke yacht aja, kan gantian, gitu. Akhirnya oke-oke, let me try, ujarnya kepada VOA dalam wawancara yang dilakukan secara jarak jauh.

Dari Surabaya, mereka terbang ke Spanyol untuk mengambil kapal bernama "North Eagle" milik Oyvind yang berlabuh di sana. Rute pertama yang mereka lalui bersama adalah dari Barcelona ke Majorca di Spanyol. Perjalanan itu ditempuh selama 30 jam dan penuh tantangan.

Anginnya kencang sekali. Jadi satu hari satu malam saya mabuk laut, ngga bisa bangun. Sampai ke tempatnya itu aku bilang gini, udah lah, aku mau terbang balik ke Barcelona aja lah, kenang Ika.

Tapi Oyvind terus membujuknya dan Ika setuju untuk mencobanya sekali lagi.

Lalu kami coba lagi, tapi kali ini cuacanya lebih baik, dan dia mulai menyukainya. Sekarang dia betah di kapal dan saya tak bisa mengusirnya, canda Oyvind, yang sudah delapan tahun hidup di kapal model Beneteau 57 tersebut.

Artikel Asli