Studi Terbaru: Uji Coba Kerja 4 Hari Seminggu dengan Gaji Sama, Sukses Luar Biasa

Global | okezone | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 10:41
Studi Terbaru: Uji Coba Kerja 4 Hari Seminggu dengan Gaji Sama, Sukses Luar Biasa

ISLANDIA - Uji coba kerja selama empat hari dalam satu pekan di Islandia menunjukkan "keberhasilan luar biasa" dan menyebabkan banyak karyawan memilih jam kerja yang lebih pendek.

Para peneliti mengatakan uji coba itu berlangsung antara 2015 dan 2019. Dalam periode itu, para pegawai dibayar dengan gaji yang sama untuk jam kerja yang lebih pendek.

Para peneliti mengatakan hasil penelitian menunjukkan produktivitas tetap sama bahkan meningkat di sebagian besar tempat kerja.

Uji coba serupa kini sedang dijalankan di seluruh dunia, termasuk di Spanyol dan oleh Unilever di Selandia Baru.

Di Islandia, uji coba yang dijalankan oleh Dewan Kota Reykjavk dan pemerintah nasional melibatkan lebih dari 2.500 pekerja, yang berjumlah sekitar 1% dari populasi pekerja Islandia.

Banyak dari mereka yang berganti sistem kerja, dari 40 jam seminggu menjadi 35 atau 36 jam seminggu, kata peneliti dari lembaga kajian Inggris, Autonomy dan Asosiasi Demokrasi Berkelanjutan (Alda) di Islandia.

Uji coba tersebut membuat serikat pekerja merundingkan kembali pola kerja. Dan sekarang 86% tenaga kerja Islandia telah pindah ke jam kerja yang lebih pendek dengan gaji yang sama, atau akan mendapatkan hak untuk itu, kata para peneliti.

Para pekerja melaporkan bahwa stres mereka berkurang dan mengatakan keseimbangan kehidupan kerja mereka membaik.

Artikel Asli