Empat Poin Penting Pertemuan Menlu Retno Dan Sergey Lavrov Di Jakarta

Global | rmol.id | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 10:18
Empat Poin Penting Pertemuan Menlu Retno Dan Sergey Lavrov Di Jakarta

RMOL.Kunjungan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov ke Indonesia menandai upaya kedua negara untuk mempererat kerjasama bilateral di berbagai bidang.

Dalam pertemuan di Jakarta pada Selasa (6/7), Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menlu Lavrov membahas sejumlah agenda, mulai dari aspek kesehatan, perdagangan, pendidikan, dan keamanan.

Rusia adalah salah satu mitra terpenting Indonesia, khususnya di kawasan Eropa Timur," ujar Menlu Retno, yang ditimpali hal sama oleh Menlu Lavrov, seperti dalam keterangan tertulis Kemlu.

Kerjasama Vaksin Covid-19

Kerjasama vaksin menjadi salah satu topik utama yang dibahas Menlu Retno dan Menlu Lavrov, Keduanya sepakat mendorong finalisasi perjanjian antara Kementerian Kesehatan dua negara.

Menlu Retno mengungkap, Indonesia dan Rusia juga akan bekerjasama dalam hal pengadaan vaksin Sputnik V, donasi kemanusiaan, hingga produksi vaksin.

Kerja sama pengadaan vaksin telah diawali oleh kunjungan Kepala BPOM ke pusat produksi Sputnik V di Moskow. Dalam kunjungan pada bulan Juni 2021 ini juga disepakati kerja sama antara lembaga pengawas obat dan makanan kedua negara.

Kerjasama Perdagangan dan Investasi

Terkait kerjasama perdagangan, kedua belah pihak sepakat untuk meningkatkan berbagai upaya demi mencapai target perdagangan bilateral mencapai 5 miliar dolar AS.

Kedua menlu juga sepakat untuk mempercepat proses perundingan Perjanjian Perdagangan Indonesia-Eurasian Economic Union (EAEU), di mana Rusia merupakan bagian dari EAEU sehingga jumlah penduduk keseluruhan mencapai 450 juta jiwa.

Di samping proyek refinery, Rusia juga berminat investasi di bidang energi, infrastruktur, termasuk dalam pengembangan ibukota baru Indonesia.

Kerjasama Pendidikan

Menlu Retno mengapresiasi perhatian pemerintah Rusia atas keselamatan mahasiswa Indonesia di Rusia selama pandemi. Ia juga mengharapkan akses masuk mahasiswa Indonesia yang masih belum dapat kembali ke Rusia karena pandemi, termasuk mahasiswa baru penerima beasiswa pemerintah Rusia.

Menanggapi hal tersebut, Lavrov mengatakan pemerintah Rusia akan menindaklanjutinya.

Kunjungan Presiden Vladmir Putin

Persiapan kunjungan Presiden Rusia Vladimir Putin ke Indonesia juga menjadi agenda pembahasan dua Menlu.

Kedua pihak menyepakati untuk mempersiapkan dokumen kerja sama kemitraan strategis yang akan ditandatangani pada saat kunjungan Presiden Putin ke Indonesia, di samping 27 perjanjian lainnya di berbagai sektor untuk meningkatkan kemitraan pada tingkat strategis.

Kami terus membahas persiapan usulan kunjungan Presiden Rusia Vladimir Putin ke Indonesia, sambil menunggu waktu yang tepat untuk kunjungan tersebut, kata Menlu Retno.

Selain empat hal tersebut, Menlu Retno dan Menlul Lavrov juga membahas isu-isu regional dan internasional, seperti krisis Myanmar, situasi di Timur Tengah, kerjasama Indo-Pasifik, hingga keketuaan Indonesia di G20 tahun depan.

Usai pertemuan, Menlu Retno dan Menlu Lavrov menandatangani perjanjian Rencana Konsultasi (Plan of Consultations) antara Kementerian Luar Negeri RI dan Kementerian Luar Negeri Rusia periode 2021-2023. []

Artikel Asli