Pihak Berwenang Dituduh Lalai karena Sebabkan Polusi Usai Kebakaran Gereja Katedral Notre-Dame

Global | okezone | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 09:16
Pihak Berwenang Dituduh Lalai karena Sebabkan Polusi Usai Kebakaran Gereja Katedral Notre-Dame

PARIS - Pihak berwenang Paris menghadapi tuntutan hukum atas ancaman kesehatan dari partikel timbal beracun yang dilepaskan selama kebakaran di Katedral Notre-Dame.

Ratusan ton timah hitam di dalam atap katedral meleleh selama kebakaran pada tahun 2019. Ini melepaskan partikel beracun ke udara, yang menetap di daerah setempat.

Sebuah gugatan menuduh pihak berwenang melakukan "kelalaian besar" karena membiarkan orang yang tinggal di kota terpapar zat berbahaya.

Pengacara untuk dua keluarga setempat, yang anak-anaknya diduga terpapar debu timbal di rumah dan sekolah mereka, bersama dengan asosiasi kesehatan dan serikat pekerja, mengatakan pihak berwenang membahayakan kehidupan dengan tidak bereaksi terhadap risiko keracunan timbal.

"Meskipun skala kebakaran dan pengetahuan tentang risiko polusi dan kontaminasi ... tidak ada tindakan pencegahan khusus yang diambil oleh pihak berwenang yang terlibat selama lebih dari tiga bulan setelah kebakaran," kata pengaduan hukum mereka, dikutip kantor berita AFP.

Sebanyak 400 ton timbal dilaporkan tersebar di ibu kota Prancis selama kebakaran pada 15 April 2019.

"Anak-anak (di tempat penitipan anak dan sekolah), tetangga dan pekerja jelas terpapar risiko paparan timbal," bunyi pengaduan itu.

"Fakta-fakta ini sama dengan kejahatan yang membahayakan nyawa orang lain, lanjutnya.

Artikel Asli