Kanada Tunjuk Gubernur Jenderal Pribumi Pertama

Global | okezone | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 08:41
Kanada Tunjuk Gubernur Jenderal Pribumi Pertama

KANADA Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengangkat pemimpin adat dan advokat Mary Simon sebagai gubernur jenderal Kanada berikutnya.

Simon akan menjadi orang Pribumi pertama yang menjabat sebagai perwakilan resmi Ratu Elizabeth II di Kanada dan panglima Angkatan Bersenjata Kanada. Ini adalah peran yang sebagian besar seremonial meskipun Ratu harus menyetujui penunjukan tersebut setelah meminta rekomendasi dari pemerintah Kanada.

"Hari ini, setelah 154 tahun, negara kita mengambil langkah bersejarah," kata Trudeau pada konferensi pers pada Selasa (6/7) saat dia memperkenalkan Simon.

"Saya tidak bisa memikirkan orang yang lebih baik untuk bertemu saat ini, lanjutnya.

"Nona Simon telah mendedikasikan hidupnya untuk memajukan isu-isu sosial, ekonomi, dan hak asasi manusia untuk Inuit Kanada dan masyarakat adat, dan saya yakin bahwa dia akan melayani warga Kanada dan mempromosikan nilai-nilai bersama kami dengan dedikasi dan integritas," kata Trudeau dalam sebuah pernyataan.

Simon akan menjabat sebagai gubernur jenderal ke-30 negara itu, menggantikan mantan astronot Kanada Julie Payette yang mengundurkan diri dari posisi itu awal tahun ini setelah dia dituduh oleh karyawan saat ini dan mantan karyawannya menciptakan lingkungan tempat kerja yang "beracun".

Seperti pertama kali dilaporkan oleh Canadian Broadcasting Corporation (CBC) tahun lalu, pegawai pemerintah saat ini dan mantan pegawai menuduh Payette menciptakan tempat kerja yang beracun, melecehkan dan menindas pegawai dan membuat beberapa pegawai menangis.

Penunjukan itu dilakukan pada saat yang kontroversial di Kanada ketika negara itu menghadapi sejarah pelecehan sistemik terhadap komunitas Pribumi, termasuk program asimilasi paksa.

Artikel Asli