Duta Besar Indonesia Untuk Thailand Rachmat Budiman Berharap Muhammadiyah Jadi Jembatan Persahabatan

Global | rm.id | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 07:35
Duta Besar Indonesia Untuk Thailand Rachmat Budiman Berharap Muhammadiyah Jadi Jembatan Persahabatan

Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Thailand Rachmat Budiman meresmikan kepengurusan baru Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Thailand, Sabtu (3/7). Diharapkannya, anggota PCIM bisa menjadi jembatan persahabatan antar agama dan mempererat persaudaraan kedua negara di Asia Tenggara ini.

Dubes Rachmat Budiman menyambut baik pendirian dan pelantikan kepengurusan PCIM Thailand. Ini menjadi PCIM ke-27 di dunia.

Kehadiran PCIM Thailand merupakan fenomena baru di Negeri Gajah Putih ini. Pasalnya, ujar Dubes Rachmat, secara struktur organisasi, PCIM ini merupakan gerakan Islam dan berafiliasi dengan Muhammadiyah yang berpusat di Indonesia.

Karenanya, ia menaruh harapan besar, nantinya PCIM akan menjadi mitra KBRI Bangkok, khususnya meningkatkan pemahaman masyarakat Thailand mengenai Indonesia.

PCIM bukan hanya menjadi organisasi mempromosikan Islam di Thailand saja. Tapi juga menjadi jembatan pemahaman antar agama, ujar Dubes Rachmat dalam keterangan resminya, Senin (5/7).

Penting bagi Indonesia dengan populasi Muslim terbanyak di dunia dan Muhammadiyah sebagai organisasi besar menjunjung tinggi toleransi, kerukunan dan juga terbuka menjalin kerja sama dengan umat beragama lainnya. Termasuk masyarakat Thailand yang mayoritas beragama Budha, lanjutnya.

Bagi mantan Dubes RI untuk Austria itu, Muhammadiyah memiliki tanggung jawab moral untuk menyebarkan paham Islam sebagai rahmat bagi semesta alam.

Saya rasa ini suatu amanah untuk PCIM Thailand agar betul-betul menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Keberadaan PCIM Thailand ini berpotensi menjadi agen peru bah an bagi peningkatan mutu ilmu pengetahuan dan intelektual. Khususnya di masyarakat muslim Thailand, lembaga riset, dan pendidikan, pungkasnya. [ DAY ]

Artikel Asli