Jepang Tambah Sumbangan 1,13 Juta Dosis Vaksin ke Taiwan

Global | republika | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 06:41
Jepang Tambah Sumbangan 1,13 Juta Dosis Vaksin ke Taiwan

REPUBLIKA.CO.ID,TOKYO Jepang akan menambah sumbangan 1,13 juta dosis vaksin Covid-19 AstraZeneca ke Taiwan. Bulan lalu, Tokyo sudah mengirimkan 1,24 juta dosis vaksin ke Taipei.

Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi mengatakan sumbangan vaksin terbaru ke Taiwan bakal dikirim pada Kamis (7/7). Teman sejati selalu membantu ketika mereka sangat membutuhkan satu sama lain, kata Perdana Menteri Taiwan Su Tseng-chang lewat akun Facebook pribadinya menanggapi sumbangan vaksin dari Jepang.

Motegi mengungkapkan, negaranya juga bakal menyumbangkan masing-masing 1 juta dosis vaksin ke Thailand, Filipina, dan Vietnam pekan ini. Menteri Kesehatan Taiwan Chen Shih-chung mengungkapkan, Taiwan juga menerima 620 ribu dosis vaksin AstraZeneca pada Rabu (6/7). Itu merupakan bagian dari pesanan langsung pemerintah kepada perusahaan terkait.

Sekitar 10 persen dari 23,5 juta penduduk Taiwan telah menerima setidaknya satu dosis vaksin. Presiden Taiwan Tsai Ing-wen berharap pemerintahannya dapat meningkatkannya menjadi 25 persen pada akhir bulan ini.

Terkait stok vaksin Jepang, negara tersebut telah mengatur untuk membeli 120 juta dosis vaksin AstraZeneca. Sebagian besar pesanan diproduksi di dalam negeri. Jepang menyetujui penggunaan AstraZeneca pada Mei lalu. Namun karena adanya kekhawatiran tentang efek pembekuan darah, Jepang mendorong cakupan vaksinasinya menggunakan Pfizer dan Moderna.

Jepang telah menjanjikan dana 1 miliar dolar AS dan 30 juta dosis untuk skema pembagian vaksin global, Covax. Namun sejauh ini, sumbangannya berada di luar program itu.

Artikel Asli