Menlu RI-Rusia Bahas Rencana Kunjungan Presiden Putin ke Indonesia

Global | okezone | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 06:04
Menlu RI-Rusia Bahas Rencana Kunjungan Presiden Putin ke Indonesia

JAKARTA - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov kembali membahas rencana kunjungan Presiden Vladimir Putin ke Indonesia, yang semula dijadwalkan berlangsung pada 2020.

Rencana kunjungan Presiden Putin tahun lalu untuk memperingati 70 tahun hubungan diplomatik RI-Rusia, tertunda sampai waktu yang belum dapat ditentukan, di antaranya karena perkembangan situasi politik di Rusia.

Kami terus membahas persiapan kunjungan yang diusulkan Presiden Putin ke Indonesia, sambil menunggu waktu yang tepat untuk melakukan kunjungan tersebut, kata Menlu Retno saat menyampaikan pernyataan pers daring usai pertemuan bilateral dengan Menlu Lavrov di Jakarta, Selasa (6/7).

Retno berharap saat kunjungan Presiden Putin, kedua negara dapat menandatangani Perjanjian Kemitraan Strategis Indonesia-Rusia.

Perjanjian ini akan menciptakan landasan baru dan kuat untuk meningkatkan hubungan kedua negara, tuturnya.

Selain membahas kunjungan Presiden Putin, kedua menlu juga mendiskusikan penguatan kerja sama bilateral di bidang kesehatan, ekonomi, pertahanan dan keamanan, serta pendidikan.

Di bidang kesehatan, Indonesia dan Rusia sedang melakukan finalisasi nota kesepahaman (MoU) untuk produksi vaksin Covid-19 bersama, di samping kerja sama pengadaan vaksin, obat terapeutik, serta peralatan diagnostik.

Sementara di bidang ekonomi, kedua negara terus memperkuat komitmen untuk meningkatkan perdagangan dua arah guna mencapai nilai perdagangan sebesar lima miliar dolar AS (sekitar Rp72,3 triliun) yang ditargetkan pada 2020, tetapi belum tercapai karena dampak pandemi Covid-19.

Artikel Asli