Unjuk Kekuatan, Helikopter Tempur Rusia Tembakkan Rudal di Perbatasan Afghanistan

Global | sindonews | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 03:45
Unjuk Kekuatan, Helikopter Tempur Rusia Tembakkan Rudal di Perbatasan Afghanistan

DUSHANBE - Helikopter tempur Rusia yang berbasis di Tajikistan menembakkan rudal udara-ke-permukaan selama latihan militer pada Selasa (6/7).

Aksi Rusia itu bertepatan saat Moskow mengatakan pasukannya di negara Asia Tengah itu dilengkapi sepenuhnya untuk membantu mengamankan perbatasan dengan Afghanistan.

Presiden Tajikistan Emomali Rakhmon pada Senin memerintahkan mobilisasi 20.000 tentara cadangan untuk memperkuat perbatasan dengan Afghanistan setelah lebih dari 1.000 personel keamanan Afghanistan melarikan diri melintasi perbatasan sebagai tanggapan atas pergerakan gerilyawan Taliban.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan kepada Rakhmon pada Senin bahwa Moskow akan membantu bekas republik Soviet yang miskin itu menghadapi dampak keluarnya NATO dari negara tetangga Afghanistan.

Rusia mengoperasikan salah satu pangkalan militer terbesarnya di luar negeri di Tajikistan yang dilengkapi dengan tank, helikopter, drone, dan pesawat serang darat.

"Moskow akan membantu menstabilkan perbatasan dengan Afghanistan jika diperlukan, baik secara langsung maupun melalui blok keamanan regional," papar pernyataan Kremlin.

Wakil Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Andrei Rudenko mengulangi janji itu pada Senin dengan mengatakan tampaknya Taliban sekarang mengendalikan sebagian besar perbatasan di sisi Afghanistan.

"Situasi di sana agak tegang karena menurut beberapa sumber, hingga 70% perbatasan Tajikistan-Afghanistan sekarang dikuasai Taliban," ungkap Rudenko.

Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia mengatakan dua helikopter serang MI-24 dan dua helikopter angkut militer telah mengambil bagian dalam latihan di Tajikistan di mana rudal terarah telah diluncurkan di lebih dari 15 target darat.

Latihan itu mensimulasikan serangan terhadap kelompok bersenjata ilegal bersama dengan konvoi mobil, titik api musuh, dan gudang senjata.

Artikel Asli