Heboh Pria Ini Pelihara Singa di Rumah

inewsid | Global | Published at 28/06/2021 14:53
Heboh Pria Ini Pelihara Singa di Rumah

PHNOM PENH, iNews.id - Seorang warga China yang tinggal di Kamboja memelihara seekor singa di rumahnya di Ibu Kota Phnom Penh. Penampakan singa yang tampak jinak itu menjadi viral setelah foto-foto dan videonya diunggah di TikTok sejak beberapa bulan terakhir.

Polisi langsung bertindak dengan mendatangi rumah pria tersebut pada Minggu (27/6/2021). Singa jantan berusia 18 bulan dengan bobot 79 kilogram itu langsung disita petugas.

Juru Bicara Kementerian Lingkungan Hidup Kamboja Neth Pheaktra mengatakan, singa tersebut diimpor oleh sang pemilik untuk dijadikan hewan peliharaan di rumahnya.

"Pihak berwenang Kamboja mulai menyelidiki singa ini sejak melihat di TikTok pada akhir April," kata Pheaktra.

Dia menambahkan, berdasarkan hukum di Kamboja, memelihara satwa langka merupakan pelanggaran.

Wildlife Alliance, LSM pemerhati satwa Kamboja yang turut serta dalam penggerebekan, dalam posting-an di Facebook menyatakan, kondisi tempat tinggal warga China tersebut tidak pantas untuk memelihara hewan liar.

"Selain itu, gigi taring singa dan cakar sudah dicabut, mengurangi kualitas hidup singa secara drastis," bunyi pernyataan.

Sang pemilik membagikan foto dan video singa peliharaan duduk di jalan masuk, disertai anjing yang bermain di dekatnya.

Kementerian Lingkungan Hidup merilis beberapa foto singa itu saat sedang bersantai dengan anjing kecil. Petugas menyiapkan peti untuk memindahkannya ke Pusat Penyelamatan Satwa Liar Phnom Tamao.

Artikel Asli