Studi Terbaru: Manusia Mungkin Telah Berjuang Lawan Covid-19 Sejak 20.000 Tahun Lalu

okezone | Global | Published at 28/06/2021 10:35
Studi Terbaru: Manusia Mungkin Telah Berjuang Lawan Covid-19 Sejak 20.000 Tahun Lalu

AUSTRALIA - Pandemi Covid-19 baru-baru ini yang menyebabkan dunia terkunci atau lockdown selama lebih dari setahun mungkin bukan perjuangan pertama umat manusia melawan virus corona.

Menurut sebuah studi baru dari Australian National University menemukan virus corona meninggalkan semacam penanda sejarah dalam genom manusia.

'Coronavirus' adalah istilah umum yang mencakup Covid-19, SARS, dan Sindrom Pernafasan Timur Tengah yabg telah ada jauh lebih lama daripada pandemi baru-baru ini.

Selama penelitian, para akademisi memeriksa genom lebih dari 2.500 orang dari 26 negara.

Pandemi sindrom pernapasan akut coronavirus 2 (SARS-CoV-2) saat ini telah menekankan kerentanan populasi manusia terhadap tekanan virus baru, terlepas dari beragam alat epidemiologis dan biomedis yang sekarang tersedia, ungkap studi tersebut.

Khususnya, genom manusia modern mengandung informasi evolusioner yang menelusuri kembali puluhan ribu tahun, yang dapat membantu mengidentifikasi virus yang telah memengaruhi nenek moyang kitamenunjukkan virus mana yang memiliki potensi pandemi di masa depan, lanjut penelitian itu.

Dengan mempelajari lebih banyak tentang musuh virus purba kita, penelitian kami menyoroti janji informasi evolusioner untuk memprediksi pandemi di masa depan dengan lebih baik, terangnya.

Para peneliti menemukan bukti dalam sampel genom bahwa virus corona telah ada, memaksa gen itu sendiri untuk beradaptasi.

Artikel Asli