Apa Penyebab Apartemen di Tepi Pantai Florida Runtuh?

republika | Global | Published at 28/06/2021 09:15
Apa Penyebab Apartemen di Tepi Pantai Florida Runtuh?

REPUBLIKA.CO.ID, FLORIDA Banyak teori tentang faktor yang menyebabkan menara kondominium di tepi pantai Florida runtuh tiba-tiba. Di antaranya adalah tanah turun ( sinkhole) hingga hingga intrusi air asin yang melemahkan beton.

Gedung Champlain Towers South di Surfside yang sebagian runtuh dalam proses sertifikasi ulang selama 40 tahun, yang memerlukan inspeksi struktural dan kelistrikan yang terperinci.

Wali Kota Surfside, Charles Burkett, mengatakan dia tidak yakin inspeksi telah selesai, tetapi mungkin berisi petunjuk penting untuk bencana mematikan itu.

"Seharusnya itu hal yang sangat mudah. Gedung-gedung di Amerika Serikat tidak begitu saja roboh seperti ini, ada alasan. Kita perlu mencari tahu apa alasannya." kata Burkett, dilansir di AP News, Sabtu (26/6).

Runtuhnya menara 12 lantai ini telah menyebabkan setidaknya empat orang tewas, 159 hilang pada Jumat (25/6) dan banyak pertanyaan tentang bagaimana ini bisa terjadi, dan apakah bangunan serupa lainnya dalam bahaya.

Menurut petugas Kota Surfside, rincian inspeksi sertifikasi ulang Menara Champlain akan diumumkan kepada publik setelah selesai.

Wali Kota Miami, Dade Daniella Levine Cava, mengatakan pada konferensi pers Jumat bahwa dia tidak melihat bukti adanya sinkhole umum terjadi di bagian lain Florida, atau sesuatu yang kriminal, seperti bom.

"Saya dapat memberi tahu Anda bahwa saat ini, mereka belum menemukan bukti pelanggaran," katanya.

Di luar itu, banyak fokus pada air laut, yang meningkat di Florida Selatan dan di tempat lain karena perubahan iklim. Tahun lalu, Gubernur Republik Ron DeSantis menandatangani undang-undang yang mengharuskan pengembang untuk menyelesaikan studi kenaikan permukaan laut sebelum memulai proyek yang didanai publik.

Sama seperti publik, gubernur juga menginginkan jawaban tentang penyebab keruntuhan sesegera mungkin.

"Kami membutuhkan jawaban pasti tentang bagaimana ini bisa terjadi. Ini benar-benar jenis tragedi yang unik, di tengah malam, setengah bangunan runtuh begitu saja," kata DeSantis pada konferensi pers.

Sementara itu, tanah di mana Champlain Towers berada telah berangsur-angsur hanyut, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan tahun lalu oleh seorang profesor lingkungan di Universitas Internasional Florida.

Tapi profesor, Shimon Wdowinski, memperingatkan agar tidak menyalahkan runtuhnya tanah. Studi ini menggunakan data satelit yang dikumpulkan antara 1993 hingga 1999 untuk mempelajari tenggelamnya daratan di Norfolk, Virginia, dan Miami Beach.

Dalam sebuah wawancara video yang dirilis universitas, Wdowinski mengatakan penelitiannya menemukan banyak contoh tanah yang tenggelam. Beberapa menyebabkan retakan pada bangunan, yang ia sebut cukup umum di Florida.

"Dalam kebanyakan kasus, bangunan-bangunan ini hanya bergerak, tidak ada keruntuhan bencana seperti dalam kasus di Surfside, yang sangat disayangkan," kata Wdowinski.

Teori lain adalah bahwa air asin di mana-mana di daerah tersebut, yang mengalami banjir selama apa yang disebut peristiwa King Tide, menyusup ke dalam penyangga beton. Ini menimbulkan korosi pada tulangan baja di dalam dan melemahkan beton.

Ada juga yang menyebutkan seringnya banjir di garasi parkir bawah gedung, termasuk kemungkinan air merembes ke bawah melalui batu kapur berpori, tempat pulau penghalang berada yang mencakup Surfside dan Miami Beach.

Pejabat Surfside mengatakan pekerjaan atap sedang berlangsung di menara yang sekarang runtuh menjadi kemungkinan bahwa pekerjaan itu adalah penyebabnya.

Barry Cohen, seorang pengacara yang melarikan diri dari gedung Champlain Towers yang runtuh bersama istrinya, mengatakan pekerjaan atap bisa menjadi bagian dari badai sempurna yang digabungkan untuk meruntuhkan struktur tersebut.

"Mereka sedang membuat atap baru. Dan saya pikir, sepanjang hari, gedung itu berguncang-guncang. Mereka sudah melakukannya selama lebih dari sebulan," kata Cohen.

Masalah lain yang dikutip oleh beberapa orang adalah konstruksi di gedung terdekat yang dapat menyebabkan getaran yang melemahkan Champlain Towers.

Cohen mengatakan dia telah menyampaikan kekhawatiran sebelumnya bahwa pekerjaan itu mungkin menyebabkan pavers retak di dek kolam renang.

Runtuhnya kondominium ini sudah menarik tuntutan hukum, termasuk satu yang diajukan beberapa jam setelah keruntuhan oleh pengacara Brad Sohn. Dia menuntut asosiasi pemilik rumah kondominium mencari ganti rugi atas kelalaian dan alasan lain untuk semua penghuni menara.

Asosiasi tersebut, menurut gugatan itu, dapat mencegah runtuhnya Champlain Towers South melalui perawatan biasa, langkah-langkah keamanan, dan pengawasan.

Artikel Asli