Dokumen Rahasia Teronggok di Halte Bus, Bahas Rute Kapal Perang dan Militer

okezone | Global | Published at 28/06/2021 05:45
Dokumen Rahasia Teronggok di Halte Bus, Bahas Rute Kapal Perang dan Militer

INGGRIS - Sejumlah dokumen rahasia Kementerian Pertahanan Inggris berisi rincian mengenai kapal perang HMS Defender dan militer Inggris ditemukan teronggok di halte bus di Kent, daerah luar Kota London .

Serangkaian berkas membahas kemungkinan reaksi Rusia atas keberadaan HMS Defender yang melintasi perairan Ukraina dekat pesisir Krimea pada Rabu (23/06).

Kumpulan berkas lainnya membahas kemungkinan pengerahan militer Inggris di Afghanistan setelah operasi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) pimpinan Amerika Serikat berakhir di sana.

Pemerintah Inggris mengatakan tengah melancarkan investigasi terhadap temuan dokumen rahasia tersebut.

Seorang juru bicara Kemenhan mengatakan bahwa seorang pegawai telah melaporkan kehilangan sejumlah dokumen pertahanan yang sensitif. Dia menambahkan, "tidak patut untuk berkomentar lebih lanjut."

Tumpukan dokumen setebal hampir 50 lembar ditemukan dalam kondisi basah di belakang halte bus di Kent, pada Selasa (22/06) pagi.

Seorang warga yang tidak ingin identitasnya dipublikasikan, menghubungi BBC saat dia menyadari sensitivitas dokumen tersebut.

BBC meyakini dokumen-dokumen tersebut, yang mencakup email dan presentasi PowerPoint, berasal dari kantor seorang pejabat senior Kemenhan Inggris.

Beberapa berkas menunjukkan bahwa HMS Defenderyang mengangkut persenjataan dan helikoptersedang menempuh sebuah misi bertajuk "Op Ditroite" yakni "melintas secara wajar di perairan teritorial Ukraina. Misi itu dilakukan dengan ekspektasi bahwa Rusia bisa merespons secara agresif.

Kenyataannya, pada Rabu (23/06), lebih dari 20 pesawat dan dua kapal penjaga pantai Rusia membayangi HMS Defender selagi kapal perang itu berlayar sekitar 19 kilometer dari pesisir Krimea.

Artikel Asli