KBRI Abu Dhabi Gelar Vaksinasi Covid-19 untuk Pekerja Migran Indonesia Bermasalah

sindonews | Global | Published at 28/06/2021 05:03
KBRI Abu Dhabi Gelar Vaksinasi Covid-19 untuk Pekerja Migran Indonesia Bermasalah

ABU DHABI - KBRI Abu Dhabi bekerjasama dengan Pemerintah Persatuan Emirat Arab (PEA) c.q. Kementerian Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional (MOFAIC) dan Kementerian Kesehatan dan Pencegahan (MOHAP), telah menyelenggarakan vaksinasi untuk Pekerja Migran Indonesia Bermasalah (PMI-B).

Bertempat di KBRI Abu Dhabi, pada Minggu (27/6), sebanyak 19 orang PMI-B berhasil memperoleh vaksinasi dengan jenis vaksin Pfizer, dari total 22 yang terdaftar. Sebanyak 19 orang PMI-B tersebut adalah mereka yang ditampung di penampungan/shelter KBRI Abu Dhabi, sementara 3 lainnya merupakan PMI-B undocumented yang berasal dari luar tempat penampungan.

Baca: Kasus Meningkat, UEA Desak Warganya Gunakan Masker dan Lakukan Vaksinasi

Tiga orang PMI-B dinyatakan belum dapat divaksinasi karena kondisi kesehatan. Meskipun demikian, KBRI Abu Dhabi akan memfasilitasi vaksinasi ketiga orang PMI-B tersebut pada kegiatan vaksinasi selanjutnya yang dijadwalkan pada tanggal 18 Juli 2021, setelah dinyatakan sehat oleh pihak dokter.

Vaksinasi kepada PMI-B diberikan dengan mempertimbangkan kondisi kesehatan masing-masing PMI-B dan situasi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini. Sebelum menerima vaksinasi, seluruh calon penerima vaksinasi akan dicek kesehatannya untuk menentukan masuk ke dalam kategori eligible group atau exemption group.

Baca: UEA Hampir Rampungkan Vaksinasi, Berharap Segera Capai Kekebalan Kawanan

"Alhamdulillah, sebagai salah satu upaya melindungi WNI termasuk PMI, kami akhirnya berhasil menyelenggarakan program vaksinasi untuk PMI-B di KBRI Abu Dhabi tanpa pungutan biaya atau gratis. Kami secara khusus ingin mengucapkan terima kasih kepada MOFAIC dan MOHAP yang telah secara erat berkomunikasi dan berupaya mendukung kami sehingga program vaksinasi untuk PMI-B ini terselenggara dengan baik," ungkap Dubes Husin Bagis.

Pelaksanaan program vaksinasi bagi PMI-B diharapkan dapat berjalan secara rutin sehingga PMI-B undocumented yang berada di PEA dapat diberikan akses terhadap vaksin. Rencananya tidak hanya di Abu Dhabi, penyelenggaraan program vaksinasi bagi PMI-B yang berada di dalam penampungan KJRI Dubai bekerjasama dengan MOFAIC dan MOHAP, juga akan dilaksanakan pada tanggal 28 Juni 2021.

Artikel Asli