Loading...
Loading…
Perang Antarsuku Makan Korban, 36 Orang Tewas 32 Luka-Luka

Perang Antarsuku Makan Korban, 36 Orang Tewas 32 Luka-Luka

Global | inewsid | Rabu, 09 Juni 2021 - 16:04

KHARTOUM, iNews.id Perang antarsuku melibatkan puluhan orang memakan korban di wilayah Mandowa, Darfur Selatan, Sudan, akhir pekan lalu. Akibatnya, sedikitnya 36 orang tewas dan 32 lainnya terluka, Middle East Monitor melaporkan, Selasa (8/6/2021).

Kantor Berita Sudan (SUNA) melaporkan, konfrontasi berdarah itu terjadi antara suku Falata dan Taaisha. Gubernur Darfur Selatan, Musa Mahdi mengatakan, pihaknya telah mengerahkan aparat gabungan di sekitar Um Dafuq, Minggu (6/6/2021) lalu. Kehadiran petugas keamanan itu mampu memisahkan suku-suku yang bentrok di wilayah Mandowa, Mirmasa, dan Mjangari.

Media lokal mengutip para pejabat di Kota Um Dafuq mengatakan bahwa penyebab bentrokan masih belum jelas.

Pemerintah Negara Bagian Darfur Selatan menyatakan, komite keamanan setempat memutuskan untuk memobilisasi bala bantuan militer tambahan ke daerah konflik untuk mengejar para pelaku dan mencegah terulangnya insiden tersebut. Mereka juga membentuk komite investigasi untuk menyelidiki pengaduan dan tuntutan hukum terkait kasus itu.

Pihak berwenang Darfur Selatan mengonfirmasi bahwa situasi keamanan di kawasan itu kini telah stabil kembali. Kendati demikian, mereka meminta warga untuk menjauhi hal-hal yang berbau provokasi dan tetap menjaga ketertiban umum.

Perang antarkelompok bukan kali ini saja terjadi di Sudan. Pada 22 Januari lalu, PBB melaporkan sedikitnya 200 orang tewas, 240 terluka, dan sekitar 116.000 mengungsi akibat bentrokan antarsuku yang terjadi pada bulan yang sama di El Geneina, Darfur Barat, dan Gereida, Darfur Selatan.

Original Source