Loading...
Loading…
Rusia Desak AS Cabut Sanksi Terhadap Iran

Rusia Desak AS Cabut Sanksi Terhadap Iran

Global | sindonews | Minggu, 22 Maret 2020 - 17:42

MOSKOW - Wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Ryabkov menyerukan Amerika Serikat (AS) untuk mencabut sanksi terhadap Iran di tengah pandemi virus Corona baru, Covid-19. Iran mengaku kewalahan menghadapi Covid-19 karena adanya sanksi AS.

"Kami menyerukan Amerika Serikat untuk meninggalkan praktik tidak manusiawi, menerapkan sanksi sepihak terhadap Iran, yang memiliki kekurangan sarana akut untuk menyelesaikan masalah kesehatan yang mendesak dalam situasi saat ini penyebaran virus corona," kata Ryabkov, seperti dilansir Sputnik pada Minggu (22/3/2020).

Dia lalu menyatakan bahwa Washington mengetahui perbedaan antara pengiriman satu kali bantuan kemanusiaan dan kurangnya kemampuan Iran untuk menerima pendapatan ekspor, yang penting untuk pembiayaan program-program terkait, karena bertahun-tahun tekanan sanksi keras AS yang belum pernah terjadi sebelumnya.

"Namun demikian, para pejabat AS, termasuk yang senior, tidak menghargai distorsi nyata dari fakta yang tak terbantahkan ini. Yang kami pahami, mereka mengejar tujuan geopolitik mereka sendiri," ungkapnya.

Awal pekan ini, China juga telah mendesak AS untuk mencabut sanksi terhadap Teheran. Sebab, mereka menghambat upaya negara itu untuk menahan wabah mematikan ini.

Di seluruh dunia, lebih dari 270 ribu orang telah terinfeksi virus corona, dengan lebih dari 11 ribu kematian. Iran adalah negara yang paling terpukul keempat, dengan lebih dari 20 ribu kasus dan 1.556 kematian.

Original Source

Topik Menarik