Azerbaijan Tangkap 6 Tentara Armenia, Hubungan 2 Negara Makin Tegang

Global | inewsid | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 05:24
Azerbaijan Tangkap 6 Tentara Armenia, Hubungan 2 Negara Makin Tegang

MOSKOW, iNews.id- Azerbaijan menangkap enam tentara  Armenia pada Kamis (27/5/2021) dini hari waktu setempat. Peristiwa ini menjadi babak baru dalam konflik kedua negara.

Kementerian Pertahanan Azeri menuduh tentara Armenia mencoba menyeberang ke wilayahnya. Sementara Kementerian Pertahanan Armenia mengatakan, tentaranya tengah melakukan pekerjaan teknik di daerah perbatasan di wilayah timur Gegharkunik, yang bertetangga dengan Azerbaijan.

"Tindakan-tindakan yang diperlukan sedang ditempuh untuk mengembalikan prajurit yang ditangkap," kata Kementerian Pertahanan Armenia, seperti diikutip Reuters.

Sementara Amerika Serikat mengaku prihatin dengan insiden di perbatasan kedua negara termasuk penahanan beberapa tentara Armenia. AS mendesak kedua belah pihak untuk segera menyelesaikan masalah tersebut dengan damai.

Departemen Luar Negeri AS mengatakan, pihaknya menganggap setiap gerakan di sepanjang daerah non-demarkasi di perbatasan Azerbaijan dan Armenia, provokatif dan tidak perlu.

Departemen Luar Negeri AS juga mendesak kedua belah pihak untuk kembali secepat mungkin ke negosiasi substantif di bawah naungan Ketua Bersama OSCE Minsk Group untuk mencapai penyelesaian politik jangka panjang atas konflik Nagorno-Karabakh.

Awal bulan ini, Armenia menuduh Azerbaijan mengirim pasukan melintasi perbatasan, menyoroti kerapuhan gencatan senjata yang ditengahi Rusia yang menghentikan enam minggu pertempuran antara pasukan etnis Armenia dan tentara Azeri tahun lalu.

Konflik itu membuat Baku mengusir pasukan etnis Armenia dari sebagian wilayah yang mereka kuasai sejak 1990-an di dan sekitar wilayah Nagorno-Karabakh.

Sementara Azerbaijan membantah tuduhan Armenia bahwa mereka telah menembak melintasi perbatasan ke posisi Armenia, dalam baku tembak. Armenia mengatakan salah satu tentaranya tewas.

Artikel Asli