Panen Gandum di Tiongkok Diperkirakan Meningkat

Global | koran-jakarta.com | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 00:00
Panen Gandum di Tiongkok Diperkirakan Meningkat

JAKARTA - Tiongkok diperkirakan akan memanen gandum secara besar-besaran pada musim panas tahun ini, berkat upaya peningkatan hasil panen dan kondisi panen yang lebih baik.

Menteri Pertanian dan Pedesaan, Tang Renjian, mengatakan saat ini lebih dari setengah gandum di bagian barat daya Tiongkok telah dipanen, dan tren peningkatan produksi terlihat jelas.

"Tanaman di dataran aluvial di sepanjang Sungai Kuning, Huaihe dan Haihe juga tumbuh lebih baik dari tahun lalu dan selama tahun-tahun normal," kata dia, Selasa (25/5).

Menurut Tang, total area yang dikhususkan untuk menanam gandum musim dingin tahun ini telah meningkat lebih dari 200.000 hektare, membalik tren penurunan yang terlihat selama empat tahun terakhir.

"Sebanyak lebih dari 600 ribu pemanen gabungan akan dikerahkan untuk memanen gandum tahun ini," katanya, seraya menambahkan bahwa negara harus menggunakan mesin pertanian sepenuhnya untuk memanen lahan gandum seluas 22,33 juta hektare dalam waktu sekitar 30 hari.

Tang menjelaskan, karena Tiongkok memiliki lahan terbatas untuk bercocok tanam dan menghadapi kesulitan dalam meningkatkan cakupan lahan suburnya, negara tersebut harus mengurangi jumlah biji-bijian yang hilang selama panen.

"Wilayah utama penghasil gandum harus memperkuat pelatihan teknis bagi para petani dan membimbing mereka dalam memanen tanaman pada waktu yang tepat dan dengan mesin yang sesuai," tambahnya.

n SB/xinhua/E-9

Artikel Asli