Loading...
Loading…
Peringatan WHO: Pandemi Covid Tahun Ini Jauh Lebih Mematikan daripada 2020

Peringatan WHO: Pandemi Covid Tahun Ini Jauh Lebih Mematikan daripada 2020

Global | inewsid | Sabtu, 15 Mei 2021 - 14:11

JENEWA, iNews.id Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kembali mengeluarkan peringatan suram terkait pandemi Covid. Menurut badan PBB itu, situasi pandemi di tahun kedua ini menjadi jauh lebih mematikan daripada tahun lalu.

Peringatan WHO kali muncul di saat Jepang memperpanjang keadaan darurat Covid-19, yang disertai dengan seruan agar Olimpiade dibatalkan.

Untuk tahun kedua pandemi ini, kita berada di jalur yang jauh lebih mematikan daripada (tahun) yang pertama, ungkap Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, dikutip kembali Arab News , Sabtu (15/5/2021).

Suasana suram melanda Jepang tatkala perluasan status darurat Covid diberlakukan di tiga wilayah lain di negara itu, hanya 10 minggu sebelum dihelatnya Olimpiade Tokyo. Sementara para aktivis mengajukan petisi yang menyerukan agar Olimpiade dibatalkan saja. Sampai hari ini, petisi tersebut telah memperoleh lebih dari 350.000 tanda tangan.

Sebelumnya, Kota Tokyo memberlakukan perintah darurat Covid hingga akhir Mei ini. Kini, tiga daerah lain yakni Hiroshima, Okayama dan Hokkaido utarayang direncanakan menjadi tuan rumah maraton Olimpiadejuga bakal menerapkan status darurat.

Opini publik Jepang dengan tegas menentang penyelenggaraan Olimpiade musim panas ini. Petenis asal Swiss, Roger Federer mengatakan, yang dibutuhkan para atlet sekarang adalah kepastian, apakah pesta olahraga itu jadi digelar atau tidak.

Saya ingin bermain di Olimpiade. Tetapi jika itu tidak jadi digelar karena situasi, saya akan menjadi orang pertama yang memahaminya, ucapnya.

Pandemi telah menewaskan sedikitnya 3.371.898 jiwa di seluruh dunia sejak Covid pertama kali muncul pada akhir 2019, menurut data yang dihimpun laman Worldometers .

Original Source

Topik Menarik