Putin: Vaksin Sputnik Dapat Diandalkan Seperti AK-47

sindonews | Global | Published at 07/05/2021 13:48
Putin: Vaksin Sputnik Dapat Diandalkan Seperti AK-47

MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa vaksin COVID-19 buatan Rusia, Sputnik V, dapat diandalkan seperti senapan serbu Kalashnikov. Komentar itu dibuatnya selama konferensi video dengan Wakil Perdana Menteri Tatyana Golikova.

Putin mengutip komentar yang awalnya dibuat oleh seorang dokter Austria awal tahun ini tentang kemanjuran vaksin tersebut.

"Pengobatankitadidasarkan pada teknologi dan platform yang telah digunakan secara harfiah selama beberapa dekade. Mereka juga sangat modern dan mutakhir, dan tidak diragukan lagi, mereka adalah yang paling dapat diandalkan dan paling aman," kata Putin.

"Mereka bisa diandalkan seperti AK-47. Ngomong-ngomong, bukankita yang mengatakan itu, ini yang dikatakan oleh spesialis Eropa. Dan saya pikir dia memang benar," tegasnya seperti dikutip dari TASS , Jumat (7/5/2021).

Berbicara tentang vaksin domestik, Putin merasa puas karena jumlahnya terus bertambah, dan spesialis dapat merekomendasikan penggunaan berbagai suntikan tergantung pada indikasi.

Namun, menurut dia, persaingan antara berbagai produsen farmasi cukup sengit akhir-akhir ini di pasar dunia.

"Jadi, saya memahami bahwa platform global memutuskan untuk mendukung vaksin Moderna Amerika, yang menjadi pesaing Pfizer, perusahaan Amerika-Eropa lainnya, dan bersaing cukup agresif di pasar," kata presiden Rusia itu.

"Sejauh yang saya mengerti, bahkan dari laporan oleh spesialis dan kolega kami dari luar negeri, di AS, (mereka) mengatakan bahwa ini akan menjadi obat yang benar-benar inovatif, obat yang sangat modern," kata Putin, mengungkapkan harapan bahwa para ahli tidak salah.

"Sebenarnya, apakah ini benar-benar masalahnya akan menjadi jelas hanya setelah sekitar sepuluh tahun setelah penggunaan jangka panjang dan analisis hasilnya," ia menekankan, menunjukkan bahwa vaksin Rusia, termasuk Sputnik Light, didasarkan pada teknologi yang telah digunakan selama beberapa dekade.

Sebelumnya, kepala spesialis penyakit menular di Universitas Kedokteran Wina dan Ketua Masyarakat Austria untuk Penyakit Menular dan Pengobatan Tropis (OEGIT) Florian Thalhammer menyatakan bahwa vaksin Sputnik V Rusia untuk melawan infeksi virus Corona baru menunjukkan kemanjuran dan keandalan yang sebanding dengan karakteristik senapan serbu Kalashnikov.

"Sputnik V seperti AK-47, senapan Rusia, (vaksin ini) sederhana, andal, dan efektif. Data yang menggembirakan telah dipublikasikan di jurnal yang sangat dihormati, terlambat, tapi tetap saja. Selama vaksin pertama dan kedua, vektor virus yang berbeda adalah digunakan, yang meningkatkan efektivitas," kata profesor itu dalam wawancara dengan surat kabar Kronen Zeitung.

Sampai saat ini, Austria telah menyelesaikan negosiasi untuk membeli Sputnik V dan sedang menunggu keputusan dari European Medicines Agency (EMA) tentang sertifikasinya.

Artikel Asli