Ahli Biologi AS Berhasil Tangkap Ikan yang Diduga Menetas Seabad Lalu

sindonews | Global | Published at 07/05/2021 14:10
Ahli Biologi AS Berhasil Tangkap Ikan yang Diduga Menetas Seabad Lalu

WASHINGTON - Seorang ahli biologi Amerika Serikat (AS), John Fischer, dibuat terkejut dengan apa yang ditangkap krunya setelah memasang tali pengikat dengan kait untuk menangkap dan mensurvei populasi ikan sturgeon danau di Sungai Detroit.

Pria yang bekerja di kantor Dinas Ikan dan Satwa Liar yang berbasis di Michigan itu berhasil menangkap ikan raksasa berjenis sturgeon danau seberat 108,8 kg, berjenis kelamin betina dengan panjang 208,2 cm yang diyakini berusia sekitar 100 tahun. Itu adalah ikan terbesar yang pernah mereka tangkap. Rekor sebelumnya adalah 55,7 kg. Ini juga mungkin salah satu ikan sturgeon danau terbesar yang pernah tercatat di AS.

Dalam sebuah postingan di Facebook yang mengumumkan "tangkapan sekali seumur hidup," kantor konservasi itu mencatat sturgeon berusia 100 tahun tersebut kemungkinan menetas di Sungai Detroit sekitar 1920, ketika Detroit menjadi kota terbesar keempat di Amerika.

"Saat berada di dalam air, Anda tidak memiliki referensi yang bagus untuk ukuran sampai Anda benar-benar mencoba mendapatkan jaring di atasnya," kata Fischer.

"Keranjang kita sedalam empat atau lima kaki, dan ikan ini tidak akan muat di jaring. Ini hanya bertambah besar ketika kita mendapatkannya di atas kapal," imbuhnya seperti dikutip dari Stunz , Jumat (7/5/2021).

Ia bahkan butuh bantuan ketiga rekannya untuk mengangkat ikan itu dari air dan membawanya ke kapal. "Upaya yang melelahkan," ujar Fischer.

Tim Ikan dan Margasatwa AS menimbang ikan, mengukur, dan mengambil foto salah satu ikan yang tergeletak di samping ikan untuk diukur. Kemudian mereka menandai ikan tersebut - sebuah proses yang memungkinkan ikan tersebut diidentifikasi jika pernah ditangkap lagi - sebelum melepaskannya kembali ke air.

Upaya tahunan oleh US Fish and Wildlife Service untuk mensurvei St Clair-Detroit River System untuk lebih memahami populasi ikan sturgeon danau dimulai pada tahun 2001. Ikan danau sturgeon, yang dianggap sebagai spesies terancam di Michigan, telah mengalami banyak hal - dari ledakan komersial penangkapan ikan yang berlanjut hingga awal 1900-an, periode panen berlebihan, dan hilangnya habitat yang didorong oleh pembangunan saluran pelayaran dan pembendungan anak sungai. Menurut US Fish and Wildlife Service, semua itu berkontribusi pada penurunan populasi.

"Mengingat usia ikan ini, mungkin sekitar saat beberapa perikanan komersial yang lebih besar terjadi di Great Lakes pada awal 1990-an," ujar Fischer.

"Mampu menghindari upaya itu, saya pikir, mungkin adalah bagian yang paling mengesankan," sambungnya.

Fischer mengatakan beberapa lembaga dan universitas, termasuk Departemen Sumber Daya Alam Michigan dan Michigan Sea Grant, terlibat dalam upaya untuk memulihkan habitat di Sungai Detroit dan Sungai St Claire untuk "meningkatkan jumlah ikan yang dilahirkan".

"Senang sekali melihat ikan tua dan besar ini," kata Fischer.

"Tapi salah satu proyek yang melibatkan kantor kami adalah melacak ikan yang lebih muda. Itu benar-benar akan memberi kita indikasi apakah ikan bertahan hingga usia di mana mereka dapat bereproduksi dan berkontribusi pada generasi mendatang?" ujarnya.

James Diana, seorang profesor emeritus perikanan dan akuakultur di University of Michigan, mengatakan sturgeon adalah ikan yang sangat sehat yang dapat bertahan dalam situasi yang cukup menegangkan.

Dia mengatakan mereka terus tumbuh dan hidup cukup lama. "Tetapi biasanya Anda melihat harapan hidup sekitar 60 atau 80 tahun biasanya," katanya.

"Lebih dari 100 tidak biasa," sambungnya.

Artikel Asli