Lindungi Penarikan Pasukan dari Afghanistan, AS Kirim 12 Jet Tempur F-18

sindonews | Global | Published at 07/05/2021 08:59
Lindungi Penarikan Pasukan dari Afghanistan, AS Kirim 12 Jet Tempur F-18

WASHINGTON - Militer Amerika Serikat (AS) telah menambahkan selusin jet tempur F-18 ke aset militer yang dikirim untuk melindungi pasukan saat mereka menarik diri dari Afghanistan . Hal itu diungkapkan Kepala Staf Gabungan Jenderal Mark Milley.

Jet tempur F-18 itu berada di atas enam pembom B-52 yang diumumkan sebelumnya dikirim ke Qatar dan perpanjangan penempatan USS Dwight D. Eisenhower di wilayah tersebut, serta elemen tim Penjaga Angkatan Darat yang dikirim ke Afghanistan.

Pejabat AS meningkatkan langkah-langkah perlindungan pasukan di tengah ancaman Taliban untuk menyerang pasukan AS ketika mereka menarik diri karena tidak pergi pada batas waktu penarikan 1 Mei sesuai kesepakatan yang ditandatangani kelompok pemberontak itu dengan pemerintahan Trump tahun lalu.

Pada hari Senin, Pentagon mengatakan telah terjadi beberapa serangan kecil yang mengganggu selama akhir pekan. Namun itu tidak berpengaruh pada penarikan tersebut.

Pasukan AS di Afghanistan juga melaporkan tembakan tidak langsung yang tidak efektif di Lapangan Udara Kandahar pada hari Sabtu, yang ditanggapi oleh pasukan AS dengan serangan udara yang menghancurkan roket tambahan yang ditujukan ke lapangan udara.

"Tidak ada serangan terhadap AS dan pasukan sejak penarikan dimulai," kata Milley seperti dikutip dari The Hill , Jumat (7/5/2021).

Secara umum, dia mengatakan apa yang disebut serangan yang diprakarsai musuh di Afghanistan memiliki kecepatan yang sama sekitar 80 hingga 120 per hari sejak penarikan dimulai seperti yang terjadi pada tahun lalu.

Berbicara bersama Milley, Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin menambahkan bahwa penarikan berjalan sesuai rencana.

Komando Pusat AS pada haris Senin melaporkan bahwa penarikan itu sekitar 2 hingga 6 persen selesai, termasuk memindahkan sekitar 60 muatan pesawat dari Afghanistan, mengidentifikasi sekitar 1.300 peralatan untuk dihancurkan dan mentransfer satu pangkalan di Helmand ke kendali militer Afghanistan.

Artikel Asli