Heboh Istri Dubes Belgia Tampar Penjaga Toko Pakaian, Polisi Panggil Pelaku

Global | inewsid | Published at Kamis, 22 April 2021 - 13:08
Heboh Istri Dubes Belgia Tampar Penjaga Toko Pakaian, Polisi Panggil Pelaku

SEOUL, iNews.id - Video istri Duta Besar Belgia di Korea Selatan (Korsel) menampar staf penjaga toko menjadi viral. Kepolisian Korsel akan memanggil istri dubes Peter Lescouhier untuk dimintai keterangan.

Kejadian tersebut terekam CCTV dan telah didalami kepolisian.

Dalam rekaman terlihat seorang perempuan yakni istri dubes, Xiang Xueqiu (63), menampar penjaga toko karena kesal dituduh mencuri. Penjaga toko curiga Xiang berusaha meninggalkan toko membawa pakaian yang belum dibayar.

Pakain itu mirip dengan produk yang dijual di tokonya. Menyadari kesalahan, staf itu meminta maaf telah salah menuduh Xiang mencuri.

Namun Xiang tak terima dituduh mencuri lalu mendorong serta memaki penjaga toko dan pada puncaknya menampar perempuan 33 tahun itu.

Rekaman juga menunjukkan Xiang berbicara dengan dua polisi di tempat kejadian. Sejak itu, polisi tidak bisa menghubunginya lagi dengan alasan yang bersangkutan dirawat di rumah sakit.

"Polisi yang dikirim ke tempat kejadian mengidentifikasinya sebagai istri duta besar Belgia. Kami telah memanggilnya, tapi seperti yang Anda baca di media lokal, dia tidak bisa dihubungi karena berada di rumah sakit," kata seorang petugas kantor polisi Yongsan, lokasi tempat kantor kedubes dan toko berada, dikutip dari Reuters, Kamis (22/4/2021).

Kementerian Luar Negeri Korsel mendesak Kedubes Belgia untuk bekerja sama dalam menangani masalah ini dan akan mengambil tindakan sesuai hukum berdasarkan hasil penyelidikan polisi.

Sementara itu Kedubes Belgia di Seoul mengonfirmasi Xiang dirawat di rumah sakit, namun tidak memberikan keterangan lebih rinci.

Insiden itu terjadi pada 9 April namun videonya baru diunggah ke media sosial oleh korban pekan ini dan menjadi viral. Dia menjelaskan terpaksa mengunggahnya ke media sosial dengan harapan kejadian ini tak terulang di tempat lain.

Jelas saja video itu memicu kemarahan warga yang menuntut permintaan maaf dari Kedutaan Besar Belgia. Bukan hanya itu, netizen mendesak agar Dubes Peter dan Xiang diusir.

Beberapa warga juga menyampaikan kemarahan atas hak istimewa para diplomat dan anggota keluarga mereka sebagai bentuk ketidakadilan.

"Saya yakin kekebalan diplomatik itu penting dan harus dihormati, tapi mengingat insiden itu melibatkan keluarga duta besar, dia harus membuat permintaan maaf resmi," kata seorang warga, Lee Hyun Koo (32).

Artikel Asli