Presiden Filipina Duterte Tak Akan Hadiri KTT ASEAN di Jakarta, Kenapa?

Global | inewsid | Published at Kamis, 22 April 2021 - 13:00
Presiden Filipina Duterte Tak Akan Hadiri KTT ASEAN di Jakarta, Kenapa?

MANILA, iNews.id – Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, tidak akan menghadiri pertemuan puncak para pemimpin negara-negara Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) di Jakarta akhir pekan ini. Hal itu diungkapkan oleh kata juru bicaranya, Harry Roque, Kamis (22/4/2021).

Reuters melansir, Duterte akan diwakili oleh pejabat Kementerian Luar Negeri Filipina.  Duterte tidak akan mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN karena adanya persyaratan pertemuan tatap muka dalam kegiatan tersebut. Kendati demikian, Harry tidak menjelaskan secara perinci masalah yang membuat sang presiden tak bisa ke Indonesia.

Sementara, sejumlah pemimpin dari negara lain telah mengonfirmasi kehadiran mereka dalam pertemuan puncak di Jakarta yang dijadwalkan pada Sabtu (24/4/2021) ini. Di antaranya termasuk pimpinan junta militer Myanmar, Jenderal Min Aung Hlaing.

Kepastian mengenai rencana kehadiran Hlaing disampaikan oleh juru bicara junta, Zaw Min Tun, kepada Nikkei Asia, belum lama ini. Tokoh yang berada di balik kudeta Myanmar pada 1 Februari itu bakal membahas isu terkini di negaranya pada forum ASEAN tersebut.

Artikel Asli