Covid India Makin Parah, Lebih dari 300.000 Orang Terinfeksi dalam Sehari

Global | inewsid | Published at Kamis, 22 April 2021 - 11:43
Covid India Makin Parah, Lebih dari 300.000 Orang Terinfeksi dalam Sehari

BENGALURU, iNews.id – Situasi pandemi Covid di India makin parah. Pada Kamis (22/4/2021) ini, negara itu melaporkan lebih dari 300.000 orang terinfeksi virus corona dalam 24 jam terakhir.

Angka itu menjadi total infeksi Covid harian tertinggi di dunia. Sementara, jumlah pasien yang meninggal akibat virus corona di India juga mencapai rekor lonjakan hariannya pada Kamis ini.

Secara resmi, India mencatat 314.835 kasus baru pada hari ini. Angka itu melampaui rekor lonjakan infeksi harian tertinggi sebelumnya di dunia, yakni sebanyak 297.430 kasus baru yang dilaporkan Amerika Serikat pada Januari lalu.

Dengan adanya pertambahan tersebut, total kejadian infeksi Covid di India kini mencapai 15,93 juta kasus. Sementara kematian pasien Covid di sana naik sebanyak 2.104 jiwa, sehingga totalnya sekarang menjadi 184.657 jiwa, menurut data Kementerian Kesehatan setempat.

Cara pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi menangani pandemi Covid di India menuai kritik pedas dari berbagai kalangan. Dia membiarkan ratusan ribu bahkan jutaaan orang memadati Sungai Gangga untuk menggelar festival keagamaan. Sementara, di lain sisi, aparat India begitu mudahnya menyeret para anggota Jamaah Tabligh ke pengadilan karena dianggap melanggar aturan pembatasan saat pandemi Covid.

Media sosial India pun dibanjiri keluhan tentang kurangnya tempat tidur, tabung oksigen, dan obat-obatan di rumah sakit di sana. Banyak pula warga yang menyebarkan nomor telepon bantuan dan dukungan secara sukarela.

Reuters melansir, para elite politik di Ibu Kota India, New Delhi, pada Minggu (18/4/2021) kemarin telah mendesak pemerintah federal agar menyediakan lebih banyak tempat tidur rumah sakit untuk mengatasi krisis kesehatan. Beberapa asosiasi pasar utama di kota itu juga mengumumkan, mereka akan menutup pasar mereka hingga 25 April.

Artikel Asli