Reaktor Nuklir Israel Terima Ancaman Serangan Roket, Sirene Dibunyikan

Global | inewsid | Published at Kamis, 22 April 2021 - 07:01
Reaktor Nuklir Israel Terima Ancaman Serangan Roket, Sirene Dibunyikan

YERUSALEM, iNews.id – Otoritas Israel membunyikan sirene di Distrik Abu Qrenat, tepatnya di dekat reaktor nuklir Dimona, Kamis (22/4/2021). Seorang wartawan Reuters yang berada sekitar 90 km dari lokasi itu sempat mendengar suara ledakan, beberapa menit sebelum adanya peringatan dari militer Israel.

Belum ada informasi lebih perinci terkait alarm tersebut. Akan tetapi, peringatan sirene semacam itu umumnya diaktifkan karena serangan roket.

Radio Angkatan Darat Israel melaporkan, serangan sejenis terjadi pada Kamis (22/4/2021) dini hari waktu setempat. Asal serangan masih belum jelas.

Reuters melansir, Distrik Abu Qrenat masuk ke dalam wilayah yang dikuasai Israel. Daerah itu berada lebih jauh daripada jangkauan roket yang biasanya ditembakkan kelompok militan Palestina dari Jalur Gaza.

Media Israel melaporkan, selama beberapa minggu terakhir, pertahanan udara di Dimona dan Pelabuhan Eilat di Laut Merah memang sedang ditingkatkan oleh militer Israel. Tujuannya untuk mengantisipasi kemungkinan serangan rudal atau drone (pesawat tak berawak) jarak jauh oleh pasukan yang didukung Iran—yang bisa jadi berasal dari wilayah Yaman.

Ketegangan antara Israel dan Iran belakangan ini semakin meningkat terkait program nuklir Teheran. Selain itu, situasi bertambah panas menyusul terjadinya lonjakan serangan sabotase terhadap properti kedua negara. Beberapa di antara serangan itu berujung pada sikap saling tuding antara Iran dan Israel.

Artikel Asli