Sri Lanka Usir Kapal Pengangkut Material Nuklir Bagi Tiongkok

Global | koran-jakarta.com | Published at Kamis, 22 April 2021 - 05:10
Sri Lanka Usir Kapal Pengangkut Material Nuklir Bagi Tiongkok

KOLOMBO - Pihak berwenang di Sri Lanka pada Rabu (21/4) mengusir sebuah kapal yang terdaftar di Antigua yang memasuki wilayah perairannya tanpa mengumumkan kargo radioaktif dengan tujuan pelayaran ke Tiongkok itu.

Dewan Regulator Energi Atom Sri Lanka mengatakan bahwa kapal BBC Naples diminta untuk pergi setelah ditemukan berada di Pelabuhan Hambantota yang dikelola Tiongkok pada Selasa (20/4) malam karena membawa material radioaktif uranium hexafluoride.

"Kapal itu gagal mengumumkan muatannya yang berbahaya dan kami memutuskan untuk segera memerintahkan kapal itu meninggalkan perairan kami," kata Anil Ranjith, Direktur Jenderal Dewan Regulator Energi Atom Sri Lanka.

Kapal itu datang dari Rotterdam, Belanda, tetapi pihak berwenang tidak mengatakan ke mana tujuan pelabuhan kapal itu di Tiongkok.

Pelabuhan Hambantota disewakan ke Tiongkok pada 2017 selama 99 tahun setelah Sri Lanka tidak dapat membayar 1,4 juta dollar AS yang dipinjam dari Beijing untuk membangun pelabuhan itu. Hambantota yang terletak sekitar 260 kilometer selatan Kolombo. SB/AFP/I-1

Artikel Asli