Loading...
Loading…
Tahun Depan UEA Kirimkan Wahana Penjelajah ke Bulan

Tahun Depan UEA Kirimkan Wahana Penjelajah ke Bulan

Global | koran-jakarta.com | Kamis, 15 April 2021 - 04:31

DUBAI - Perusahaan eksplorasi Bulan dari Jepang, iSpace, pada Rabu (14/4) mengumumkan akan mengirimkan wahana penjelajah tanpa awak milik Uni Emirat Arab (UEA) ke Bulan pada 2022. Rencana ini dilaksanakan lebih cepat karena sebelumnya pada September 2020, UEA mengatakan berencana untuk mengirimkan wahana penjelajah "Rashid" ke Bulan pada 2024.

"Wahana penjelajah Rashid milik UEA akan dikirimkan ke Bulan dengan wahana pendarat iSpace pada misi eksplorasi Bulan pada 2022," demikian pernyataan iSpace.

UEA memang merupakan negara pendatang baru dalam bidang eksplorasi luar angkasa, namun pencapaian amat cepat diraih. Pada September 2019 lalu, UEA telah mengirimkan astronot pertamanya ke luar angkasa dengan menumpang roket Soyuz dalam misi penjelajahan selama 8 hari.

Pada Februari lalu, wahana penjelajah al Amal (Hope) berhasil memasuki orbit Mars untuk misi mengungkapkan rahasia cuaca di planet merah itu dan keberhasilan itu jadi tonggak bersejarah dalam misi penjelajahan antarplanet dari dunia Arab.

Berdasarkan keterangan dari Kantor Media Dubai, wahana penjelajah Rashid yang memiliki bobot 10 kilogram merupakan bagian integral dari upaya rencana paling ambisius UEA yaitu membuat pemukiman pertama di Mars pada 2117. SB/AFP/I-1

Original Source

Topik Menarik