Gunung Berapi Meletus, Ribuan Warga Dievakuasi

inewsid | Global | Published at 10/04/2021 08:30
Gunung Berapi Meletus, Ribuan Warga Dievakuasi

KINGSTOWN, iNews.id - Gunung berapi La Soufriere di Saint Vincent dan Grenadines, di Kepulauan Karibia, meletus pada Jumat (9/4/2021) waktu setempat. Akibatnya ribuan orang dari desa-desa sekitarnya terpaksa dievakuasi.

Tidak aktif sejak 1979, gunung berapi tersebut mulai menunjukkan tanda-tanda aktivitas pada Desember 2020, dengan mengeluarkan uap dan asap serta bergemuruh. Perdana Menteri S Saint Vincent dan Grenadines, Ralph Gonsalves, memerintahkan evakuasi daerah sekitarnya.

Saat gunung La Soufriere meletus pada Jumat pagi, abu dan asap hitam menutupi matahari pagi yang cerah dan membuat langit di wilayah tersebut hampir gelap total. Sempat terdengar ledakan dari Rose Hall, desa terdekat dari gunung, kata seorang saksi mata kepada Reuters.

Direktur pusat penelitian seismik dari University of the West Indies, Erouscilla Joseph, mengatakan ledakan yang lebih kecil terus berlanjut sepanjang hari. Aktivitas semacam ini, kata dia, dapat berlangsung selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan.

“Ini baru permulaan,” katanya kepada Reuters, dikutip pada Sabtu (10/4/2021).

Pihaknya mengatakan, kolom letusan diperkirakan mencapai ketinggian 10 km. Abu dan asap dapat menyebabkan penundaan penerbangan. Tak hanya itu, abu juga dapat menyebabkan gangguan pada orang yang menderita penyakit pernapasan dan akan berdampak pada sumber daya air.

Sekitar 4.500 penduduk di dekat gunung berapi telah dievakuasi melalui kapal dan jalan darat. Pulau-pulau tetangga seperti Dominika, Grenada dan Antigua bersedia untuk menerima pengungsi melalui jalur pelayaran, selama mereka divaksinasi terlebih dahulu.

Artikel Asli