Loading...
Loading…
Pangeran Philip, Sosok Tegas di Jantung Kerajaan Inggris

Pangeran Philip, Sosok Tegas di Jantung Kerajaan Inggris

Global | sindonews | Jumat, 09 April 2021 - 20:30

LONDON - Pangeran Philip yang kerap berbicara blak-blakan sekaligus permaisuri setia Ratu Elizabeth itu sepanjang hidupnya membantu memodernisasi kerajaan Inggris .

Dia mungkin paling dikenang karena kepribadiannya yang keras dan tegas di depan publik.

Terkenal blak-blakan dan pemarah, Pangeran Philip hidup dalam bayang-bayang wanita yang dinikahinya di Westminster Abbey pada 1947.

Dia selalu berjalan selangkah di belakang sang ratu di ribuan acara seremonial yang mereka hadiri selama masa pemerintahannya, yang terpanjang dalam sejarah Inggris.

Meskipun dia tidak memiliki peran resmi, Philip atau Duke of Edinburgh adalah salah satu tokoh paling berpengaruh di keluarga kerajaan selama lebih dari 70 tahun. Dia meninggal pada usia 99 pada hari Jumat.

Saat Philip sering dikritik karena sikapnya dan terkadang komentar kasarnya, teman-temannya mengatakan sebagai orang kepercayaan terdekat Ratu Elizabeth II, dia membawa kecerdasan, kecerdasan yang tidak sabar, dan energi yang tak kunjung padam ke dalam kerajaan.

"Dia, secara sederhana, telah menjadi kekuatan saya dan bertahan selama ini," ujar Elizabeth dalam penghormatan pribadi yang langka kepada Philip dalam pidatonya untuk menandai ulang tahun pernikahan ke-50 mereka pada 1997.

"Saya, dan seluruh keluarganya, dan ini dan banyak negara lain, berhutang kepadanya lebih besar daripada yang akan dia klaim, atau kita akan pernah tahu," tutur sang ratu.

Jika Philip memendam rasa frustrasi pada hidupnya sebagai permaisuri, dia tidak pernah menunjukkannya di depan umum.

Namun dalam wawancara dengan BBC untuk memperingati ulang tahunnya yang ke-90, dia mengakui pada hari-hari awal dia berjuang untuk menemukan peran untuk dirinya sendiri.

"Tidak ada preseden. Jika saya bertanya kepada seseorang \'apa yang Anda harapkan saya lakukan?\' Mereka semua tampak kosong, mereka tidak tahu, tidak ada yang tahu," papar dia.

Lahir di zaman penghormatan terhadap kerajaan, Pangeran Philip membantu Ratu Elizabeth menavigasi pergolakan politik dan sosial abad ke-20 untuk membuat monarki yang cocok untuk masa yang berbeda.

Seringkali menghadapi pengadilan yang sangat tradisional, dia mereformasi istana dan mencoba memanfaatkan kekuatan televisi yang tumbuh untuk memproyeksikan pengaruh kerajaan.

Dia mendorong penobatan ratu pada 1953 untuk disiarkan langsung di televisi dan di belakang layar menghapus perilaku kuno di istana yang dianggapnya pengap.

Pangeran Philip adalah bangsawan pertama yang melakukan wawancara TV.

Namun, di kemudian hari Philip dikritik karena dianggap menghalangi kemampuan monarki untuk beradaptasi dengan waktu.

Para pengkritik sebagian menyalahkan sikap kerasnya atas kegagalan anak-anaknya untuk menghasilkan keluarga yang bahagia.

Pasangan itu memiliki empat anak yakni Pangeran Charles atau Pangeran Wales (lahir 1948), Putri Anne, (1950), Pangeran Andrew (1960) dan Pangeran Edward (1964). Tiga dari mereka pernikahannya berakhir dengan perceraian.

Bagi Elizabeth, Philip adalah suami yang suportif yang menurut para pejabat istana adalah satu-satunya orang yang memperlakukan raja sebagai manusia.

Terlepas dari rumor tentang perselingkuhannya, pasangan itu tetap bersama dan di usia tua mereka jelas menikmati kasih sayang dan rasa hormat satu sama lain.

Mereka merayakan ulang tahun pernikahan ke 70 pada November 2017.

Namun Philip yang merupakan putra Pangeran Andrew dari Yunani yang diasingkan, keturunan dari nenek buyut Elizabeth, Ratu Victoria dan sepupu ketiga istrinya itu tidak pernah benar-benar memenangkan hati semua orang Inggris.

Elizabeth adalah penguasa, tetapi dalam urusan keluarga, Philip yang dianggap sebagai kepala keluarga.

Saat Putri Anne, kemudian Pangeran Andrew dan akhirnya Pangeran Charles mengalami perceraian dalam pernikahan, pengamat kerajaan menuding Philip sebagai ayah yang mendominasi dan dingin, terutama pada putra-putranya.

Original Source

Topik Menarik