Jokowi Minta Masukan Desain Bangunan Ibu Kota Negara Baru, Ini Deretan Istana Presiden Terindah di Dunia

Global | inewsid | Published at Senin, 05 April 2021 - 13:15
Jokowi Minta Masukan Desain Bangunan Ibu Kota Negara Baru, Ini Deretan Istana Presiden Terindah di Dunia

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru-baru ini memamerkan pradesain bangunan ikonik ibu kota negara yang baru, Istana Negara karya Nyoman Nuarta.  Jokowi juga mengharapkan masukan dari masyarakat mengenai pradesain tersebut, melalui akun Twitter @Jokowi.

Perhatian warganet tersita pada kemegahan sekaligus keunikan pradesain yang ditampilkan, terutama desain Istana Negara berbentuk burung garuda. Jika terwujud, bangunan tersebut akan menjadi salah satu ikon baru di Indonesia.

Berbagai negara juga memiliki bangunan istana kepresidenan yang luar biasa. Architecturaldigest merilis deretan istana kepresidenan terindah di dunia, berikut ulasannya;

1. Kremlin, Rusia

The Moscow Kremlin atau biasa disebut Kremlin merupakan bangunan berbentuk benteng di kompleks istana seluas 27 hektare, Bangunan di jantung Ibu Kota Moskow itu didirikan pada akhir abad ke-15. 

Bangunan yang saat ini menjadi tempat bekerja Presiden Vladimir Putin itu unik dan mencolok dengan kubah yang menjulang tinggi. 

2. Gedung Putih, Amerika Serikat

Setelah mengalami kebakaran pada 1814 hingga menghancurkan bangunan asli, Gedung Putih di Washington DC direnovasi dan digunakan kembali pada 1817. Sebagai tempat berkantor presiden AS, Gedung Putih berdiri kokoh dengan bangunan besar yang terdiri dari enam tingkat, 132 kamar, dan 35 kamar mandi. 

Dibutuhkan 570 galon untuk menutupi fasad atau bagian luar gedung dengan cat putih.

3. Istana Presiden Turki

Terletak di ibu kota Ankara, Istana Presiden Turki dirancang dengan gaya khas Seljuk (kekaisaran Seljuk Raya yang menguasai bagian Timur Tengah antara abad ke-11 dan 13).

Kompleks istana megah itu secara total mencakup area seluas 3,2 juta kaki persegi atau sekitar 297.000 meter persegi.

4. Istana Kepresidenan Suriname

Istana Kepresidenan Suriname dibangun pada pada 1730 dengan gaya khas kolonial Belanda. Seperti diketahui, negara di Amerika Selatan itu merupakan koloni Belanda hingga tahun 1970-an.

Istana Kepresidenan Suriname berdiri kokoh dengan bangunan berwarna putih.

5. Kastil Praha, Republik Ceko

Kastil Praha merupakan kediaman resmi presiden Republik Ceko. Perpaduan antara arsitektur Renaissance dan Gotik membuat bangunan ini tampak cantik dan unik. Kastil Praha berasal dari abad ke-9 dengan luas hampir 754.000 kaki persegi atau sekitar 70.000 meter persegi. Perlu diketahui, kastil Praha merupakan kompleks kastil terbesar di dunia.

6. Istana Kepresidenan Vietnam

Istana Kepresidenan Vietnam di ibu kota Hanoi selesai dibangun pada 1906 oleh arsitek Prancis Auguste Henri Vildieu. Bangunan dengan gaya khas arsitektur Beaux Arts itu dicat dengan warna kuning cerah. Warna istana tampak sangat cantik dan mencolok.

Artikel Asli