Pakistan Menjual Vaksin Covid-19 Secara Komersial

Global | republika | Published at Senin, 05 April 2021 - 12:28
Pakistan Menjual Vaksin Covid-19 Secara Komersial

REPUBLIKA.CO.ID, KARACHI -- Pakistan menjual vaksin Covid-19 secara komersial untuk masyarakat umum. Penjualan vaksin dilakukan setelah pemerintah mengeluarkan izin impor komersial oleh sektor swasta. 

Putaran pertama penjualan komersial vaksin Sputnik V dari Rusia laku keras. Vaksin tersebut dijual kepda masyarakat umum seharaga 12 ribu rupee Pakistan atau 80 dolar AS untuk satu pack vaksin yang berisi dua dosis. 

Penjualan komersial vaksin Covid-19 disambut baik oleh warga Pakistan, terutama anak-anak muda Pakistan yang tidak masuk kategori untuk mendapatkan vaksin gratis dari pemerintah. Antrean panjang terlihat di sejumlah pusat vaksinasi. Beberapa harus menunggu antrean selama hampir tiga jam. Pemerintah Pakistan memberikan vaksin gratis hanya kepada petugas medis dan warga di atas 50 tahun.

"Saya sangat senang mendapatkannya, karena sekarang ini diperlukan untuk bepergian," kata Saad Ahmed (34 tahun).

Ketika penjualan vaksin telah dimulai, pemerintah Pakistan dan importir masih terjebak dalam sengketa harga. Pemerintah awalnya setuju tidak memberikan batasan harga. Namun keputusan itu dibatalkan dan pemerintah menetapkan harga maksimum. 

Salah satu perusahaan farmasi yang mengimpor 50 ribu dosis vaksin Sputnik V mengajukan tuntutan ke pengadilan atas sengketa harga vaksin bagi masyarakat umum. Perusahaan itu memenangkan pengadilan. Perusahaan itu diizinkan untuk menjual vaksin sesuai harga yang ditetapkan perusahaan, sampai pemerintah menetapkan harga.

Artikel Asli