Israel Operasikan Pesawat Mata-Mata Canggih Terbaru, Begini Kemampuannya

Global | inewsid | Published at Senin, 05 April 2021 - 10:52
Israel Operasikan Pesawat Mata-Mata Canggih Terbaru, Begini Kemampuannya

JERUSALEM, iNews.id - Israel mengoperasikan pesawat mata-mata baru, Oron. Angkatan Udara (AU) Israel menerima pesawat yang dibangun dari jet pribadi itu, Minggu (4/4/2021).

Kementerian Pertahanan Israel dalam pernyataan yang dikutip dari Xinhua, Senin (5/4/2021), mengungkap, kehadiran Oron akan meningkatkan kemampuan pengintaian militer negara Yahudi itu yang belum pernah ada sebelumnya.

Oron tiba di Pangkalan Udara Nevatim setelah dikembangkan lebih dari 9 tahun oleh Kementerian Pertahanan, AU, AL, Direktorat Intelijen, dan Industri Kedirgantaraan Israel.

Pesawat ini menggunakan basis pesawat Gulfstream G550 yang diproduksi perusahaan Amerika dirgantara Serikat General Dynamics. 

Di dalamnya dipasang sistem radar canggih dan algoritme pemrosesan data berbasis kemampuan ilmu data dan kecerdasan buatan (AI) mutakhir.

Sistem tersebut memungkinkan militer mendapatkan data intelijen yang diperlukan secara real time yang belum pernah ada sebelumnya, dalam cuaca maupun visibilitas apa pun, saat diterjunkan untuk operasi rutin maupun konflik.

Panglima AU Amikam Norkin mengatakan, Oron akan membuat jajarannya unggul secara operasional dan intelijen dalam menghadapi ancaman dan tantangan keamanan.

Sementara itu Kepala Unit penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertahanan Israel, Yaniv Rotem, mengatakan radar dan sistem lain di pesawat bisa mengirim data secara real time ke unit-unit intelijen. Teknologi kecerdasan buatan akan memungkinkan pemrosesan data otomatis dan efisien. 

"Ini akan menghasilkan data intelijen real time yang dapat ditindaklanjuti yang memperkuat efektivitas kegiatan operasional Pasukan Pertahanan Israel (IDF)," tuturnya.

Artikel Asli