Bom Mobil Serang Polisi, Sedikitnya 3 Personel Tewas

Global | inewsid | Published at Senin, 05 April 2021 - 06:20
Bom Mobil Serang Polisi, Sedikitnya 3 Personel Tewas

KABUL, iNews.id - Serangan bom mobil di dekat ibu kota Afghanistan, Kabul,  Minggu (4/4/2021) malam waktu setempat menewaskan sedikitnya tiga anggota kepolisian dan melukai 12 personel lainnya.

Melansir Reuters, Senin (5/4/2021), Juru Bicara Kepolisian Kabul Ferdaws Faramarz mengonfirmasi serangan terjadi di Distrik Paghman, wilayah perbukitan di dekat Kabul. 

Dia mengatakan, jumlah korban tewas maupun luka diperkirakan terus bertambah.

Pejabat pemerintah Kabul menyebut Taliban telah mengaku bertanggung jawab atas serangan bom mobil tersebut. Disebutkan pejabat itu, Taliban mengkalim jumlah polisi yang tewas atau terluka lebih banyak, yakni mencapai 45 personel.

Taliban sangat jarang mengaku bertanggung jawab atas berbagai serangan di Afghanistan sejak dimulainya pembicaraan damai dengan Amerika Serikat (AS) tahun lalu.

Taliban, kata pejabat setempat, juga mengeluarkan peringatan serangan udara lanjutan di sejumlah wilayah Afghanistan. Kelompok itu mengatakan, serangan tersebut adalah jawaban atas pelanggaran kesepakatan damai oleh AS.

Kesepakatan itu berisi perjanjian penarikan pasukan asing dari Afghanistan yang akan dimulai pada 1 Mei 2021, dengan imbalan jaminan perdamaian dari Taliban. Selain itu Taliban juga dalam pembicaraan lanjutan dengan pemerintah Afghanistan yang didukung AS.

AS baru-baru ini mendorong agar konferensi pembahasan kesepakatan damai diselenggarakan di Turki pada akhir April dengan keterlibatan PBB, serta mendukung usulan pembentukan pemerintahan sementara di Afghanistan dengan menyertakan perwakilan dari Taliban.

Artikel Asli