Loading...
Loading…
WHO: Anggapan Pandemi Covid-19 Segera Berakhir, Tidak Realistis

WHO: Anggapan Pandemi Covid-19 Segera Berakhir, Tidak Realistis

Gaya Hidup | okezone | Selasa, 02 Maret 2021 - 11:47

Meski program vaksinasi Covid-19, termasuk di Indonesia sudah berjalan di banyak negara di dunia. Namun tampaknya, hal ini tak semerta-merta menjadi indikator, jika pandemi Covid-19 segera berakhir.

Pejabat resmi WHO mengatakan, masih sangat prematur dan bahkan menjurus tidak realistis jika berpikiran pandemi Covid-19 ini akan segera berakhir pada akhir tahun 2021, seperti dikutip NBC News, Selasa (2/3/2021).

Dr. Michael Ryan, Direktur Program Kedaruratan WHO menekankan, jadi hal yang tak realistis jika beranggapan pandemi bisa berakhir di akhir tahun ini hanya karena dengan kehadiran vaksin.

Tapi memang dengan kehadiran vaksin yang efektif, lanjutnya, setidaknya bisa mengurangi secara dramatis angka perawatan rawat inap di rumah sakit dan juga angka kematian.

Dokter Michael menyebut, fokus tunggal dunia sekarang ialah bagaimana seharusnya untuk menjaga transmisi Covid-19 serendah mungkin.

Jika kita cerdas, kita bisa menyelesaikan soal rawat inap, angka kematian, dan tragedi lain yang berhubungan dengan pandemi ini pada akhir tahun ini, kata Dr. Michael Ryan dalam gelaran media briefing.

Penyataannya Dokter Micahel di atas didasarkan pada WHO yang diyakinkan dengan data yang muncul yang memperlihatkan vaksin-vaksin berlisensi membantu untuk mengekang penyebaran virus.

Jika vaksin mulai berdampak tidak hanya pada kematian dan tidak hanya pada rawat inap, tetapi memiliki dampak yang signifikan terhadap dinamika penularan dan risiko penularan, maka saya yakin kami bisa akan mempercepat pengendalian pandemi ini, tambahnya.

Tetapi Dokter Michael memperingatkan, agar semua pihak tidak berpuas diri. Mengingat bahwa tidak ada yang bisa dijamin dalam situasi epidemi yang terus berkembang.

Saat ini, virus sangat terkendali, pungkasnya.

Original Source

Topik Menarik

{