Loading...
Loading…
Chloe Zhao Jadi Perempuan Asia Pertama yang Jadi Sutradara Terbaik

Chloe Zhao Jadi Perempuan Asia Pertama yang Jadi Sutradara Terbaik

Gaya Hidup | koran-jakarta.com | Selasa, 02 Maret 2021 - 13:44

LOS ANGELES - Orang Asia di seluruh dunia berbahagia saat Chloe Zhao membuat sejarah di Golden Globe Awards. Ia menjadi perempuan Asia pertama yang memenangkan penghargaan sebagai sutradara terbaik.

Banyak orang yang memujinya karena ia telah menjadi inspirasi besar bagi gadis-gadis muda Asia dan bahwa itu adalah kemenangan bagi perempuan di mana pun.

Sutradara Nomadland yang lahir di Tiongkok itu adalah perempuan kedua yang memenangkan penghargaan tersebut. Yang pertama adalah Barbra Streisand pada 1984.

"Perlu ditekankan bahwa sebagai perempuan Asia dalam bidang seni, sangat menginspirasi melihat Chloe Zhao membuat sejarah malam ini sebagai perempuan kulit berwarna pertama yang memenangkan gelar sutradara terbaik," cuit salah satu pengguna Twitter seperti dilansir BBC. Selasa (2/3).

Tahun ini juga menandai untuk pertama kalinya lebih dari satu perempuan masuk nominasi gelar sutradara terbaik, dengan masuknya nama Regina King dan Emerald Fennell.

Streisand sendiri mengucapkan selamat kepada Zhao atas kemenangan tersebut, dengan mengatakan ini sudah waktunya.

Kemenangannya juga dirayakan di situs media sosial Tiongkok, Weibo, dengan banyaknya pengguna yang memuji bakatnya. "Ini adalah pertama kalinya sutradara perempuan Tiongkok menang. Selamat, Sutradara Zhao, [kami] menunggu penghargaan Anda berikutnya," kata salah satu orang.

Nomadland drama semifiksi, yang juga membawa pulang penghargaan untuk drama terbaik, dibintangi oleh Frances McDormand sebagai perempuan bernama Fern yang berkeliling Amerika sebagai pengembara zaman modern.

Nomadland adalah film fitur ketiga sutradara berusia 38 tahun itu, setelah Songs My Brothers Taught Me dan The Rider.

Sutradara kelahiran Beijing, yang kini tinggal di AS, itu baru-baru ini menyutradarai film Marvels mendatang The Eternals.

Zhao bukan satu-satunya orang Asia yang menang besar malam ini.

Minari, kisah semi-otobiografi sutradara Lee Isaac Chung tentang keluarga Korea-Amerika, juga memenangkan penghargaan untuk film berbahasa asing terbaik. BBC/I-1

Original Source

Topik Menarik