Loading...
Loading…
Gawat... Gawat! 5 Jenis Makanan Ini Ternyata Bisa Bikin Ngantuk dan Loyo di Siang Hari, Ibu Bekerja Perlu Hindari!

Gawat... Gawat! 5 Jenis Makanan Ini Ternyata Bisa Bikin Ngantuk dan Loyo di Siang Hari, Ibu Bekerja Perlu Hindari!

Gaya Hidup | herstory | Senin, 07 Desember 2020 - 11:05

Ibu bekerja, mungkin enggak sedikit di antara kamu yang kerap mengantuk setelah makan siang, bukan? Alih-alih merasa lelah karena menumpuknya pekerjaan, ngantuk juga bisa dipicu oleh kudapan yang kamu makan saat siang hari. Ada beberapa jenis makanan yang perlu dihindari saat siang hari, karena bisa memicu tubuh terasa lelah dan mengantuk.

Makan siang membuat tubuh bersemangat dan metabolisme tubuh kembali aktif. Saat mengisi bahan bakar tubuh, perlu menghindari jenis makanan yang bisa menurunkan energi dan membuat tubuh terasaloyo.

Rania Batayneh, MPH, ahli gizi di Baevarton menyarankan, penting makan siang dengan asupan yang kaya akan nutrisi. Idealnya, makan siang harus memiliki karbohidrat kompleks, protein dan lemak sehat, dan juga kaya akan serat.

Berikut ini HerStory rangkum jenis makanan yang perlu ibu bekrja hindari saat sinag hari agar enggak merasa loyo dan ngantuk , seperti disadur dari laman The Healthy, Senin (7/12/2020).

Keripik dan kentang goreng

Ibu bekerja, mungkin enggak sedikit di antara kamu yang kerap menjadikan keripik dan kentang goreng atau sebagai camilan di siang hari. Tapi, tahu enggak sihh kalau jenis makanan tersebut bisa bikin tubuh kehilangan energi alias loyo di siang hari lho !

Studi 2016 di British Medical Journal (BMJ) menemukan, makanan yang mengandung lemak tinggi dan protein yang rendah bisa menguras energi dalam tubuh. Alhasil, bikin kamu ngantuk dan malas melanjutkan pekerjaan di kantor.

"Setelah makan karbohidrat, kadar gula akan meningkat. Akibatnya, tubuh akan melepaskan insulin untuk memindahkan gula tersebut dari aliran darah ke sel," ujar Rania Batayaneh.

Menurut Batayaneh, hal tersebut bisa memicu kelelahan di siang hari. Makan terlalu banyak karbohidrat yang cepat dicerna, seperti kentang goreng dan keripik, berakibat pada gula darah yang melonjak. Ini kemungkinan mengakibatkan kamu ingin pergi ke tempat tidur dan bersiap untuk tidur siang.

Gorengan

Sama seperti kentang goreng, jenis makanan yang digoreng lainnya juga harus dihindari saat makan siang. Makanan yang digoreng dapat membuatmu merasa lesu karena sifatnya yang tinggi lemak dan membutuhkan waktu banyak untuk dicerna.

Lemak menjadi tantangan terbesar bagi tubuh untuk melawannya. Sehingga tubuh menghabiskan lebih banyak energi untuk mencernanya dan membuatmu merasa lesu.

Satu lagi yang perlu ibu bekerja tahu, studi di BMJ pada 2019 lalu menemukan, adanya kaitan antara makan lebih banyak gorengan dengan umur yang pendek.

Pisang

Alih-alih ingin menyantap menu sehat saat makan siang, enggak sedikit di antara ibu bekerja yang memilih buah-buahan untuk di makan. Tapi tahu enggak sih, ada jenis buah yang bisa bikin ngantuk saat dimakan pada siang hari lho. Salah satunya ialah Pisang.

Pisang mengandung kalium ynag tinggi, tapi buah ini juga mengandung L-triptofan yang diupah menjadi 5-HTP di otak. Di mana akan diubah menjadi hormon serotonin dan melatonin.

Menurut The National Sleep Foundation , hormon seretonin dapat meningkatkan mood- mu saat bekerja. Sementara melatonin, justru mengatur jam internalmu dan dapat membuatmu merasa ngantuk .

Ikan Salmon

Kaya akan lemak omega-3 yang menyehatkan jantung dan mengandung banyak vitamin, Salmon menjadi kudapan yang perlu dihindari saat makan siang.

Meskipun tinggi akan protein dan membuatmu merasa kenyang, Salmon mengandung vitamin B6 yang memicu tubuh memproduksi melatonin. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, melatonin merupakan hormon pengantar tidur.

Pasta

Jenis makanan terakhir yang bisa membuatmu merasa loyo dan ngantuk ialah pasta. Pasta yang rendah serat dan enggak \'dipasangkan\' dengan protein, dapat meningkatkan gula darah. Pasta bisa membuatmu merasa lelah karena lonjakan insulin setelah makan banyak karbohidrat.

Nah ibu bekerja, itu dia jenis makan siang yang bisa memicu tubuh terasa lelah dan juga mengantuk.

Semoga bermanfaat ya!

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{
{