Loading...
Loading…
Nvidia mengumumkan RTX 3060 Ti dengan Ray Tracing dan DLSS

Nvidia mengumumkan RTX 3060 Ti dengan Ray Tracing dan DLSS

Gaya Hidup | gwigwi.com | Rabu, 02 Desember 2020 - 04:33

GwiGwi.com Nvidia hari ini mengumumkan RTX 3060 Ti, yang pertama dari keluarga kartu grafis seri RTX 3060. Dengan harga $399, RTX 3060 Ti sekarang menjadi anggota termurah dari kartu grafis seri 30 berdasarkan arsitektur Ampere baru Nvidia dan akan menggantikan RTX 2060 Super yang diluncurkan dengan harga yang sama tahun lalu.

RTX 3060 Ti tampaknya menggunakan versi pemotongan dari GPU GA104 yang digunakan pada $ 499 RTX 3070. Hal ini menghasilkan unit SM yang lebih sedikit, CUDA Core yang lebih sedikit, RT Core yang lebih sedikit, Tensor Core yang lebih sedikit, unit tekstur yang lebih sedikit, dan ROP yang lebih sedikit. Selain itu, RTX 3060 Ti juga memiliki kecepatan clock GPU Boost yang lebih rendah dari 1665MHz vs 1730MHz pada RTX 3070.

Dari segi kemiripan, kedua GPU tersebut sama-sama memiliki memori GDDR6 14Gbps 8GB dengan antarmuka memori selebar 256-bit dan bandwidth memori 448 GB / s. Mereka juga memiliki desain dasar yang sama untuk model Founders Edition yang menampilkan kipas aksial ganda dengan desain passthrough untuk salah satunya.

Menurut Nvidia, RTX 3060 Ti lebih cepat daripada RTX 2080 Super, GPU GeForce tercepat kedua di jajaran perusahaan pada generasi sebelumnya dan yang dimulai pada $ 699.

Kekuatan GPU mentah adalah satu hal tetapi seperti kartu grafis lainnya, Nvidia juga banyak fokus pada ekosistem di sekitar GPU ini. Pelacakan sinar waktu nyata, fitur yang dibawa Nvidia ke pasar dengan seri 20, kini sudah memasuki generasi kedua pada kartu seri 30, dan RTX 3060 Ti akan dapat memainkan judul yang mendukung RTX atau DirectX Raytracing.

Untuk membantu kinerja, GPU juga mendukung DLSS Nvidia atau Deep Learning Super Sampling, solusi pengambilan sampel super yang disempurnakan dengan AI yang menggunakan pembelajaran mesin untuk rekonstruksi gambar pada resolusi yang lebih tinggi sambil bekerja dengan resolusi dasar yang rendah. Perusahaan ini memiliki daftar judul yang terus bertambah yang mendukung kedua teknologi tersebut, termasuk Cyberpunk 2077 mendatang.

Pengguna RTX 3060 Ti juga dapat memanfaatkan fitur GeForce lainnya seperti Nvidia Reflex yang mengurangi latensi sistem, Nvidia Broadcast, yang merupakan rangkaian fitur untuk streamer dan pengguna yang ingin menggunakan aplikasi panggilan video, GeForce Experience untuk fitur dalam game seperti merekam gameplay, dan juga GeForce Now untuk cloud gaming. Nvidia juga memiliki encoder NVENC yang sangat baik bagi mereka yang melakukan streaming atau encoding video.

RTX 3060 Ti akan tersedia mulai 2 Desember dari Nvidia sebagai kartu Founders Edition dan juga dari pengecer lain sebagai stok dan kartu overclock pabrik dari OEM seperti ASUS, Colorful, EVGA, Gainward, Galaxy, Gigabyte, Innovision 3D, MSI, Palit, PNY dan Zotac. Mereka yang berada di negara tertentu akan mendapatkan langganan GeForce Now selama satu tahun dengan pembelian mereka.

Sumber: GSMArena

Original Source

Topik Menarik