Loading...
Loading…
Moms, Ketahui Tips Sehat Masak Sayur Agar Nutrisinya Terjaga

Moms, Ketahui Tips Sehat Masak Sayur Agar Nutrisinya Terjaga

Gaya Hidup | herstory | Senin, 30 November 2020 - 13:00

Moms, anak perlu dibiasakan untuk makan sayur tiap hari. Sayuran memiliki segudang manfaat, antara lain menunjang kekebalan tubuh, mengurangi risiko kegemukan, mencegah sembelit, dan lainnya.

Namun, taukah Moms, ternyata proses pengolahan sayuran untuk dapat menjadi hidangan, bisa memengaruhi kandungan gizi yang ada di dalamnya. Jika cara mengolahnya nggak tepat, sayur bisa kehilangan kandungan gizinya. Mengutip sari laman mommiesdaily , Senin (30/11/2020) berikut tips mengolah sayuran yang benar. 1. Cuci sayuran di bawah air mengalir

Mencuci sayuran diperlukan untuk menghilangkan bakteri, kuman, atau pestisida yang mungkin masih menempel. Hindari merendam sayuran di dalam air karena ini akan membuat kandungan nutrisinya berkurang bahkan hilang. Salah satu nutrisi yang mudah hilang karena air adalah vitamin C. 2. Perhatikan proses memasak

Durasi masak yang terlalu lama, suhu terlampau tinggi, dan jumlah air yang terlalu banyak bisa membuat semakin banyak nutrisi hilang. Pastikan metode masak yang sesuai dengan karakter sayuran yang hendak diolah. Misalnya untuk vitamin yang larut air seperti vitamin C, gunakan metode kukus dibandingkan rebus.

Baca Juga :
Tips Mengolah Sayuran agar Nutrisinya Tidak Hilang, Coba Yuk

3. Pilih metode memasak yang sesuai

Proses memasak sayur harus diperhatikan agar keluarga kita bisa mendapatkan nutrisi maksimal dari hidangan yang dikonsumsi. Pemilihan metode masak harus disesuaikan dengan jenis sayuran yang dimasak:

Gunakan minyak zaitun untuk menumis. Selain dapat mempertahankan vitamin dan mineral, menumis bisa menjaga rasa dan warna sayuran. Sayuran yang cocok ditumis adalah asparagus, paprika. Sementara, untuk sayuran yang mengandung vitamin larut air, seperti vitamin B dan C, sebaiknya dimasak dengan metode kukus. Sayuran yang sebaiknya dikukus antara lain brokoli, wortel, dan kembang kol. Terakhir, untuk sayuran yang membutuhkan waktu lebih lama untuk matang, misalnya kentang sebaiknya direbus 4. Memakai alat masak yang tepat

Dalam memasak sayuran, tentunya kita harus memastikan alat yang digunakan sesuai dengan metode masak. Gunakan pan atau wajan bulat pipih yang cekungannya tak terlalu dalam untuk menumis sayuran. Kita juga bisa menggunakan peralatan masak listrik untuk memasak sayuran.

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Baca Juga :
7 Tips Mengolah Sayuran agar Nutrisinya Tidak Hilang, Cocok Dipraktikkan Selama Puasa

Original Source

Topik Menarik