Loading...
Loading…
Moms Catat Ya! Ini Ciri-ciri Masa Pubertas Anak Perempuan

Moms Catat Ya! Ini Ciri-ciri Masa Pubertas Anak Perempuan

Gaya Hidup | herstory | Senin, 30 November 2020 - 09:15

Membesarkan anak cukup menjadi tantangan yang penuh dengan banyak tikungan. Ada begitu banyak fase dan tahapan, dari masa kanak-kanak hingga dewasa.

Tetapi bagi banyak orang tua, salah satu tahap pengasuhan anak yang paling sulit terjadi pada usia remaja, ketika anak-anak mulai menghadapi masa puber dan semua perubahan dan tantangan fisik, mental, dan emosional yang besar.

Namun, enggak ada waktu pasti kapan anak akan mulai pubertas. Dan pubertas dimulai dan berakhir pada waktu yang berbeda untuk anak laki-laki dan perempuan. Lantas pada usia berapa pubertas untuk anak perempuan dimulai dan berakhir?

Menurut ahli perkembangan anak, pubertas untuk anak perempuan diukur pada skala yang sama, tahapan Tanner. Anak perempuan memasuki Tanner tahap 1, yaitu tahap sebelum perubahan fisik terlihat, pada sekitar usia 8 tahun. Pada usia 9-10, banyak anak perempuan mulai menunjukkan tanda-tanda pubertas, seperti tumbuh payudara dan rambut kemaluan.

Tanner tahap 5 untuk anak perempuan biasanya dimulai sekitar usia 14-15. Pada tahap akhir ini, alat reproduksi dan alat kelamin mencapai kematangan penuh. Selama tahap 5, anak perempuan mungkin mengalami perubahan payudara, pertumbuhan kemaluan di sepanjang paha bagian dalam, dan pertumbuhan serta perubahan pada pinggul dan bokong. Menstruasi juga dapat mulai diatur selama tahap akhir ini, terkadang dua tahun penuh setelah menstruasi.

Menstruasi mungkin adalah bagian pubertas yang paling banyak dibicarakan untuk anak perempuan, tetapi kebanyakan anak perempuan akan mulai menstruasi selama tahap 4. Ini bukan akhir dari pubertas, melainkan salah satu tahap terakhir dari kematangan seksual dan perkembangan organ reproduksi.

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Original Source

Topik Menarik