Loading...
Loading…
Mengintip Keunikan Air Terjun Sekumpul Bali, Ada 7 Aliran Tersembunyi di Tengah Hutan

Mengintip Keunikan Air Terjun Sekumpul Bali, Ada 7 Aliran Tersembunyi di Tengah Hutan

Gaya Hidup | inewsid | Kamis, 31 Oktober 2019 - 09:33

JAKARTA, iNews.id - Panorama alam di Pulau Dewata Bali memiliki daya pikat tersendiri. Mulai dari pantai, pegunungan, air terjun, hingga bangunan pura selalu dipenuhi wisatawan.

Jika kali ini Anda sedang bosan berwisata ke pantai. Cobalah kali ini untuk menjelajahi objek wisata berbeda di Bali, yaitu Air Terjun Sekumpul. Air terjun ini tampak unik karena berada di tengah hutan Buleleng.

"Air terjun ini adalah salah satu air terjun terindah di Bali. Letaknya tersembunyi rapi di tengah hutan Buleleng, tepatnya di Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng. Tentunya Sobat Pesona yang ingin menikmati panoramanya harus menapaki perjalanan yang cukup menguras tenaga. Tapi jangan khawatir, sesampainya di lokasi semua lelah akan terbayar dengan cantiknya Air Terjun Sekumpul. Kita akan disambut pemandangan dua air terjun yang mengalir jatuh dari ketinggian 100 meter. Tampak menawan dihiasi alam hijau nan asri. Suara deburan air yang jatuh dan udara sejuk menciptakan atmosfer sunyi nan tenang. Sangat tepat bila Sobat Pesona ingin melepas penat atau menyegarkan kembali pikiran yang sudah jenuh. Bahkan, tak jarang pengunjung yang datang hanya untuk berolahraga atau yoga. Dengan segala keindahan dan panorama asrinya, Air Terjun Sekumpul sangat layak buat jadi destinasi liburan Sobat Pesona. Jadi, kapan mau ke sini?," tulis Instagram @pesonaid_travel, dikutip Kamis (31/10/2019).

Sesuai dengan namanya, air terjun Sekumpul terdiri dari sekumpulan air terjun berjumlah tujuh aliran. Maka dari itu, Sekumpul Waterfall dinamai oleh warga asing dengan nama lain sevent point waterfall. Sedangkan orang lokal desa Sekumpul menyebut dengan nama air terjun Pemuatan.

Dari tujuh air terjun yang ada, hanya dua air terjun yang jaraknya dekat dengan jalan utama. Pada saat musim hujan, kedua air terjun ini akan memiliki warna berbeda. Sebelah kiri airnya berwarna jernih dan bersih, karena berasal dari mata air yang letaknya di atas perbukitan Desa Sekumpul. Sedangkan air terjun yang sebelah kanan berwarna keruh kecoklatan, karena airnya berasal dari sungai yang ada di Desa Sekumpul.

Air Terjun Sekumpul sangat istimewa karena lokasinya tersembunyi dan dibutuhkan usaha ekstra untuk mencapai lokasi objek wisata ini. Untuk menuju air terjun Sekumpul, Anda harus melakukan perjalanan dengan melalui banyak tangga licin dan harus menyeberangi sungai untuk melihat air terjun dari dekat.

Air Terjun Sekumpul ternyata berada di wilayah yang dihuni banyak air terjun besar dan terkenal lain. Sebut saja Air Terjun Gitgit, Air Terjun Lemukih, Air Terjun Munduk dan Air Terjun Les Buleleng. Jaraknya hanya dipisahkan dua hingga tiga kilometer.

Debit air yang jatuh dari atas air terjun memang tidak terlalu ekstrem. Namun, air yang mengalir jatuh dari ketinggian 100 meter ini menciptakan efek indah untuk diabadikan dalam bentuk foto. Terkadang, Anda bisa melihat pelangi menghiasai air terjun.

Air terjun Sekumpul berlokasi di Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng. Lokasi wisata ini berada sekitar 85 Km dari bandara Ngurah Rai. Wisatawan bisa memilih datang ke sini dengan melalui Jl. DenpasarSingaraja yang ditempuh dalam 2 jam 36 menit. Atau 74 km dari Denpasar melalui Jl. DenpasarSingaraja ditempuh perjalanan selama 2 jam 10 menit, atau 80 km dari Kuta melalui Jl. DenpasarSingaraja selama 2 jam 26 menit perjalanan dan 21 km dari Kota Buleleng melalui Jl. Raya Keloncing sekitar 40 menit saja.

Objek wisata Air Terjun Sekumpul buka setiap hari mulai pukul 08.0017.00 WITA, dan tarif yang dikenakan cukup murah yakni Rp2.000 untuk wisatawan domestik dan Rp5.000 untuk wisatawan asing. Jangan lupa persiapkan kendaraan Anda jika ingin mengunjugi Air Terjun Sekumpul karena medan jalan yang dilalui berkelok-kelok, serta naik turun.

Original Source

Topik Menarik

{