Tata Cara Sholat Taubat Nasuha Lengkap dengan Niat Bacaan Doa dan Waktunya yang Patut Diketahui Umat Muslim

Tata Cara Sholat Taubat Nasuha Lengkap dengan Niat Bacaan Doa dan Waktunya yang Patut Diketahui Umat Muslim

Gaya Hidup | inews | Selasa, 16 April 2024 - 22:12
share

JAKARTA, iNews.id - Tata cara sholat taubat nasuha lengkap dengan niat bacaan doa dan waktunya patut dipahami oleh umat Muslim. Mungkin banyak dari kita yang mengenal kalimat, manusia tempat salah dan lupa.

Sebagaimana dalam sebuah hadits Rasulullah yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, Ibnu Majah, dan ad-Darimi,

Artinya: Semua anak Adam melakukan kesalahan dan sebaik-baik yang berbuat salah adalah yang bertaubat. (HR. at-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan ad-Darimi).

Tentu kita sebagai manusia biasa memiliki berbagai kesalahan dan dosa. Sehingga, sudah sepatutnya untuk meminta mohon kepada Allah Subhanahu Wata'ala. Salah satunya dengan melaksanakan sholat taubat nasuha.

Tata Cara Sholat Taubat Nasuha

Menurut buku Panduan Shalat untuk Wanita, karya Khoirunnisa, Selasa (16/4/2024), berikut tata cara sholat taubat nasuha.

1. Berwudhu dengan sempurna.

2. Berniat sholat Taubat dalam hati (bacaan niat ada di bawah ini).

3. Takbiratul ihram.

4. Membaca doa iftitah.

5. Membaca surat Al-Fatihah.

6. Melafalkan surat pendek Al-Qur'an, seperti surat Al-Kafirun pada rakaat pertama dan Surat Al-Ikhlas untuk rakaat kedua.

7. Lalu, ruku lanjut i'tidal (bangkit dari ruku).

8. Melakukan sujud pertama.

9. Duduk di antara dua sujud.

10. Sujud kedua.

11. Lalu, bangkit dari sujud untuk melanjutkan rakaat kedua, dan lanjut baca Surat Al-Fatihah hingga duduk di antara dua sujud seperti urutan di atas Kemudian sujud kedua di rakaat kedua.

12. Saat melakukan sujud ini, hendaklah mengaku dan menyebut dosa-dosanya yang pernah diperbuat dalam hati sambil meminta ampunan Allah SWT

13. Diakhir dengan tasyahud akhir dan salam.

Niat Sholat Taubat Nasuha

Latin: Ushalli sunnatat taubati rak'ataini lillaahi ta'aala.

Artinya: "Aku berniat menunaikan sholat sunnah taubat sebanyak dua rakaat karena Allah Ta'ala."

Doa Sholat Taubat Nasuha

Latin: Astaghfirullaahal'adziim, alladzii laa Ilaaha illa huwal hayyul qayyuumu wa atuubu ilaiih.

Artinya: "Saya mohon kepada Allah Yang Maha Agung, Dzat yang tiada Tuhan melainkan hanya Dia Yang Maha Hidup lagi Berdiri Sendiri. Aku bertaubat kepada-Nya."

Bisa juga dengan membaca istighfar:

Latin: Allaahumma anta rabbii laa ilaaha illaa anta khalaqtanii wa ana'abduka wa ana'alaa 'ahdika wawa' dika mastatha'tu a'uudzubika min syarri maa shana'tu. abuu ulaka bini'matika 'alayya wa abuu u bidzanbi faghfirlii fa innahu laa yaghfirudz dzunuuba illaa anta.

Artinya: "Wahai Tuhan, Engkau adalah Tuhanku, tiada yang patut disembah melainkan hanya Engkau, Engkaulah yang menjadikan aku dan aku adalah hamba-Mu, dan aku dalam ketentuan dan janji-Mu yang Engkau limpahkan kepadaku dan aku mengakui dosaku, karena itulah ampunilah aku, sebab tidak ada yang dapat memberikan ampunan melainkan Engkau wahai Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan apa yang telah aku perbuat."

Waktu Pelaksanaan Sholat Taubat

Menurut buku Panduan Shalat Rasulullah, karya Wafa (2020), tidak terdapat waktu khusus mengenai pelaksanaan sholat taubat. Sholat sunnah ini bisa dikerjakan baik siang maupun malam hari.

Demikian ulasan mengenai tata cara sholat taubat nasuha lengkap dengan niat bacaan doa dan waktunya. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik