Menarik untuk Dikunjungi, Tiga Pasar di Bandung Ini Miliki Keunikan Sendiri

Menarik untuk Dikunjungi, Tiga Pasar di Bandung Ini Miliki Keunikan Sendiri

Gaya Hidup | bandungraya.inews.id | Selasa, 16 April 2024 - 17:10
share

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Ditengah menjamurnya pasar modern, pasar tradisional di Kota Bandung tetap menjadi pusat aktivitas jual-beli yang masih eksis hingga kini.

Selain dikenal dengan keindahan alamnya juga kulinernya, pasar tradisional di Kota Bandung juga tak kalah menarik untuk dikunjungi.

Berikut, rekomendasi tiga pasar tradisional di Bandung yang wajib dikunjungi.

Pasar Ciroyom

Pasar Ciroyom memiliki sejarah panjang sejak dibangun pada tahun 1923.Kawasan Ciroyom sendiri dikembangkan oleh Belanda sebagai kawasan pengiriman logistik.

Hal ini terlihat dari banyaknya gudang yang langsung terhubung dengan rel kereta api. Maka tidak heran jika pasar ini memiliki peran penting pada masa kolonial.

Bahkan, sebelum ada Pasar Induk Caringin, Pasar Ciroyom berfungsi sebagai pusat pasar utama di Bandung. Meskipun bukan lagi pasar utama, Pasar Ciroyom masih penting karena berbagai kebutuhan bisa ditemukan di sini. Pasar Ciroyom berlokasi di Jl. Ciroyom Barat, Andir, Bandung.

Pasar Gempol

Tak kalah bersejarahnya, di era kolonial tahun 1925, kawasan bernama Gempol ini adalah kompleks perumahan formal pertama yang dibangun di Kota Bandung dengan konsep taman kota berkarakter.

Adapun, Pasar Gempol sendiri baru berdiri pada tahun 1953 sebagai hasil pengendalian pedagang kaki lima di Jalan Bahureksa dan Jalan Tirtayasa.

Yang membuat pasar ini unik adalah kios-kios yang terletak di gang-gang sempit dan berada di tengah kawasan perumahan.

Saat ini, Pasar Gempol dan sekitarnya ramai dengan wisatawan karena terdapat berbagai kuliner lezat seperti Kupat Gempol dan Roti Gempol. Pasar Gempol berlokasi di Jl. Pasar Gempol, Citarum, Bandung.

Pasar Cihapit

Pasar Cihapit berdiri seiring dengan pembangunan permukiman Belanda di kawasan Cihapit. Pada tahun 1920-an, kawasan ini mendapatkan predikat sebagai contoh permukiman sehat yang dihuni oleh warga kelas menengah.

Maka tidak heran jika pengunjung Pasar Cihapit selalu berasal dari kalangan menengah ke atas. Selain itu, Pasar Cihapit terkenal dengan lokasinya yang rapi dan bersih dibandingkan pasar tradisional lain di Bandung.

Pasar Cihapit juga terdapat berbagai kuliner legendaris seperti Warung Bu Eha atau Surabi Cihapit.

Belakangan ini, Pasar Cihapit juga ramai oleh wisatawan karena terdapat berbagai penyewa tempat kuliner kontemporer seperti Rama Ramen, Jongla, dan Konklusi Kitchen. Pasar Cihapit berlokasi di Jl. Cihapit, Bandung.

Itulah rekomendasi tiga pasar tradisional di Bandung yang wajib dikunjungi.

Topik Menarik